STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA SISWA KORBAN BULLYING DI MAN 3 CIREBON

YUHANNAH, (2025) STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA SISWA KORBAN BULLYING DI MAN 3 CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
2108306169_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2108306169_2_bab1.pdf

Download (529kB)
[img] Text
2108306169_6_bab5.pdf

Download (258kB)
[img] Text
2108306169_7_dafpus.pdf

Download (222kB)

Abstract

Bullying merupakan fenomema sosial yang kerap terjadi di lingkungan sekolah dan dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap kesehatan mental dan emosional siswa dan dapat menurunkan self-esteem. Self-esteem yang rendah, dapat menghambat perkembangan diri siswa dan mempengaruhi prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran self-esteem yang dialami oleh korban bullying di MAN 3 Cirebon, (2) Untuk mengetahui bentuk bullying yang dialami oleh korban (3) Untuk mengetahui strategi Guru BK dalam meningkatkan self-esteem pada korban bullving di MAN 3 Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini melibatkan lima informan yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengaruh bullying terhadap self-esteem siswa di MAN 3 Cirebon. Ditemukan bahwa self-esteem siswa dipengaruhi oleh penghargaan dari orang lain, kemampuan menghadapi tantangan, dan sikap terhadap diri sendiri. Berdasarkan aspek self-esteem Coopersmith (1967). Bullying, yang terdiri dari bentuk fisik, verbal, dan isyarat, berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik korban, menyebabkan kecemasan, rendah diri, dan kesulitan regulasi emosi. Meskipun keempat siswa tidak menjadi target bullying berkelompok, mereka tetap merasakan dampak psikologis yang signifikan. Peran Guru BK sangat penting dalam pemulihan psikologis korban bullying melalui pendekatan konseling individu dan kelompok, dengan penekanan pada teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT). Guru BK berupaya meningkatkan self-esteem siswa melalui bimbingan konseling berulang hingga siswa merasa lebih percaya diri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:25
Last Modified: 31 Jul 2025 07:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16342

Actions (login required)

View Item View Item