SYARAFINA AULIA PHALOSA, (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ASATIDZAH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SD SHIDQUL AMAL KECAMATAN KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302024_1_cover.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text
2108302024_2_bab1.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
2108302024_6_bab5.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
2108302024_7_dafpus.pdf Download (110kB) |
Abstract
Siswa SD Shidqul Amal Kedawung Cirebon menghadapi tantangan dalam menghafal Al-Qur’an karena perbedaan motivasi, daya ingat, dan latar belakang keagamaan. Dalam hal ini, komunikasi interpersonal para Asatidzah berperan penting dalam membimbing dan memotivasi siswa melalui pendekatan personal seperti dialog, empati, keterbukaan, dan dukungan emosional, yang berdampak positif terhadap peningkatan hafalan siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pertanyaan penelitian yang diajukan adalah: (1) Bagaimana bentuk komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh Asatidzah dalam membimbing hafalan Al-Qur’an siswa di SD Shidqul Amal Kedawung Cirebon? (2) Bagaimana efektivitas Komunikasi Interpersonal Asatidzah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SD Shidqul Amal Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon ? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat Komunikasi Interpersonal Asatidzah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SD Shidqul Amal Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon ? Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk komunikasi interpersonal yang diterapkan Asatidzah dalam program hafalan Al-Qur’an siswa di SD Shidqul Amal Kedawung Cirebon, (2) ntuk mengetahui efektivitas Komunikasi Interpersonal Asatidzah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SD Shidqul Amal Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, dan (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Komunikasi Interpersonal Asatidzah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SD Shidqul Amal Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer melalui wawancara serta data sekunder berupa dokumentasi kegiatan tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal Asatidzah mencakup komunikasi verbal dan non-verbal, serta pendekatan dialogis seperti sharing, wawancara informal, dan konseling. Nilai keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan menjadi kunci dalam membangun hubungan dengan siswa. Faktor pendukungnya antara lain kedekatan emosional dan lingkungan yang kondusif, sementara hambatannya berupa kemalasan siswa, kurangnya keterbukaan, dan hambatan psikologis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:15 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |