HANI NURHAENI, (2025) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI GENBI UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SKILL ANGGOTA MELALUI PROGRAM GENBI TRAINING. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302035_1_cover.pdf Download (863kB) |
![]() |
Text
2108302035_2_bab1.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
2108302035_6_bab5.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
2108302035_7_dafpus.pdf Download (206kB) |
Abstract
Dalam GenBI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, strategi komunikasi dalam program GenBI Training sangat penting. Urgensinya terletak pada kebutuhan untuk tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga mengembangkan keterampilan anggota. Tanpa strategi yang efektif, anggota tidak akan menjadi agent of change, future leader, dan frontlinner yang siap, sehingga menghambat kontribusi GenBI. Adapun pertanyaan penelitiannya adalah Bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan GenBI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam upaya pengembangan skill anggota melalui program GenBI Training? Bagaimana faktor�faktor yang mendukung dan menghambat GenBI UIN Syekh Nurjati Cirebon dalam menerapkan strategi komunikasi untuk meningkatkan keterampilan anggota melalui program GenBI Training? Bagaimana efektivitas strategi komunikasi program GenBI Training dalam upaya meningkatkan pengembangan skill anggota GenBI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon melalui training public speaking, leaderhip, dan personal branding? Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan GenBI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam upaya pengembangan skill anggota melalui program GenBI Training (2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat GenBI UIN Syekh Nurjati Cirebon dalam menerapkan strategi komunikasi untuk meningkatkan keterampilan anggota melalui program GenBI Training (3) untuk mengetahui efektivitas strategi komunikasi program GenBI Training dalam upaya meningkatkan pengembangan skill anggota GenBI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon melalui training public speaking, leaderhip, dan personal branding?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode atau pendekatan studi kasus. Sumber datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Maka analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman di antaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa strategi komunikasi GenBI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam program GenBI Training menggunakan model Lasswell untuk mengembangkan keterampilan anggota. Meski berhasil meningkatkan keterampilan, efektivitasnya terbatas karena frekuensi yang kurang dan belum adanya tindak lanjut. Keterbatasan waktu anggota dan kurangnya sistem evaluasi menjadi hambatan utama, meski didukung oleh komunikasi yang harmonis. Oleh karena itu, rekomendasi kunci adalah pelatihan berkelanjutan yang disertai mentoring dan program pasca-pelatihan untuk memaksimalkan dampak. Dalam pelaksanaan program GenBI Training, efektivitas pelatihan sangat bergantung pada bagaimana anggota terlibat secara aktif dan merespons proses pembelajaran yang ditawarkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:26 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |