Diana Rofiqoh, (2025) POLA KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SANTRI DI TPQ AL-IKHLAS DESA GEMPOL KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302044_1_cover.pdf Download (705kB) |
![]() |
Text
2108302044_2_bab1.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
2108302044_6_bab5.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
2108302044_7_dafpus.pdf Download (281kB) |
Abstract
Problematika kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan santri TPQ tidak hanya menyangkut aspek teknis pengajaran, tetapi juga berkaitan dengan pola komunikasi instruksional antara ustadzah dan santri yang memiliki latar belakang dan tingkat pemahaman yang beragam. Kurangnya pendekatan komunikatif dan interaktif dari pengajar sering kali menjadi faktor utama yang menghambat santri dalam memahami materi seperti tajwid dan pelafalan huruf secara tepat. Berdasarkan uraian tersebut, munculah pertanyaan penelitian, diantaranya: 1) Bagaimana penerapan pola komunikasi instruksional dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Al-Ikhlas? 2) Bagaimana ustadzah mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi di TPQ Al-Ikhlas?, kemudian 3) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri setelah penerapan pola komunikasi instruksional di TPQ Al-Ikhlas? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pola komunikasi instruksional yang digunakan oleh ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al�Qur’an santri di TPQ Al-Ikhlas, 2) strategi yang diterapkan oleh ustadzah dalam mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi selama proses pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlas, Sekaligus 3) mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri setelah penerapan pola komunikasi instruksional di TPQ Al- Ikhlas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ustadzah menerapkan kombinasi metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan pemberian tugas dalam proses pembelajaran. Meskipun dihadapkan pada kendala seperti keterbatasan waktu, perbedaan tingkat pemahaman santri, dan kurangnya dukungan dari lingkungan, ustadzah mampu menerapkan pendekatan komunikasi yang adaptif dan interaktif. Pola komunikasi tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri secara bertahap dan signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:52 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:52 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |