SHIVA DEWI RAHMAWATI, (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU MILENIAL DAN ANAK DALAM PENERAPAN SCREEN TIME. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108302092_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108302092_2_bab1.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
2108302092_6_bab5.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
2108302092_7_dafpus.pdf Download (309kB) |
Abstract
Komunikasi interpersonal merujuk pada interaksi tatap muka antara individu yang memungkinkan pertukaran pesan secara langsung, baik verbal maupun non-verbal. Dalam konteks keluarga, komunikasi interpersonal memegang peran penting dalam membentuk dan memelihara hubungan yang harmonis antar anggota keluarga. Di Desa Tegalwangi, khususnya di Blok Kleben, akses terhadap internet dan perangkat digital semakin luas, sehingga teknologi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Anak-anak di desa ini sudah terbiasa menggunakan gadget untuk keperluan hiburan maupun pendidikan. Meskipun demikian, banyak orang tua yang masih berusaha membatasi screen time agar anak tetap beraktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Untuk mengetahui tujuan dari latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka pertanyaan penelitiannya adalah bagaimana efektivitas komunikasi interpersonal ibu milenial dalam penerapan screen time pada anak di Blok Kleben, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, bagaimana faktor pendukung ibu milenial dalam melakukan penerapan screen time pada anak di Blok Kleben, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon dan bagaimana tantangan yang dialami oleh ibu milenial dalam melakukan penerapan screen time pada anak di Blok Kleben, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sumber datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah studi kasus Creswell. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara ibu dan anak dalam menerapkan screen time dilakukan melalui pendekatan yang penuh keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan kesetaraan. Faktor yang mendukung keberhasilan ibu dalam membatasi screen time, yaitu adanya hubungan interpersonal yang dilandasi oleh kepercayaan (trust), sikap suportif, dan keterbukaan. Tantangan utama yang dihadapi ibu milenial dalam komunikasi dengan anak terkait screen time adalah adanya hambatan psikologis dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:18 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:18 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |