KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUKAROMAH DESA BANDENGAN

TYAS FARHATA SAFIRA, (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUKAROMAH DESA BANDENGAN. Bachelor thesis, SI- Komunikasi Penyiaran Islam UIN SSC.

[img] Text
2108302110_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2108302110_2_bab1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
2108302110_6_bab5.pdf

Download (335kB)
[img] Text
2108302110_7_dafpus.pdf

Download (390kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari fenomena menurunnya karakter disiplin siswa di MI Al-Mukaromah Desa Bandengan, seperti sering datang terlambat, tidak menggunakan atribut lengkap, serta kurang tertib dalam kegiatan belajar mengajar. Situasi ini menunjukkan adanya kelemahan dalam praktik komunikasi interpersonal antara guru dan siswa. Padahal, komunikasi interpersonal memiliki peran penting dalam membentuk karakter, khususnya karakter disiplin yang menjadi bagian dari tujuan pendidikan di madrasah berbasis nilai-nilai Islam. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mengajukan beberapa pertanyaan mengenai komunikasi interpersonal yang terjalin antara guru dan siswa, beberapa faktor faktor pendukung dan penghambat dalam proses komunikasi tersebut serta komunikasi tersebut berkontribusi dalam membentuk karakter disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru dan siswa di MI Al-Mukaromah, mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, serta menjelaskan komunikasi tersebut berperan dalam membentuk karakter disiplin siswa. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh melalui data primer yakni teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Serta data sekunder menggunakan buku, jurnal dan literatur. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan teknik triangulasi untuk menjaga validitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan guru melalui pendekatan terbuka, empatik, dan suportif mampu membentuk karakter disiplin siswa, seperti ketaatan terhadap peraturan, ketepatan waktu, dan ketertiban di kelas. Faktor pendukungnya meliputi kedekatan emosional guru dan siswa, suasana kelas yang nyaman, serta konsistensi guru sebagai teladan. Sementara hambatannya meliputi perbedaan karakter siswa, kendala bahasa, jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas, serta minimnya feedback dari siswa. Kesimpulannya, komunikasi interpersonal yang efektif berkontribusi besar terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di madrasah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:36
Last Modified: 05 Aug 2025 02:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16531

Actions (login required)

View Item View Item