Indah Prawansyah, (2025) Kesantunan Berbahasa dalam Siniar GoodTalk Season 2 di Kanal YouTube Good News From Indonesia serta Pemanfaatannya sebagai Modul Ajar Teks Argumentasi Kelas X SMA. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.
![]() |
Text
2108110087_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108110087_2_bab1.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
2108110087_6_bab5.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
2108110087_7_dafpus.pdf Download (244kB) |
Abstract
Dalam era digital yang terus berkembang, media sosial menjadi ruang interaksi yang luas dan terbuka, termasuk melalui platform siniar yang kini kian populer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa dalam siniar GoodTalk Season 2 yang ditayangkan di kanal YouTube Good News From Indonesia (GNFI), serta mendeskripsikan pemanfaatannya sebagai modul ajar teks argumentasi untuk siswa kelas X SMA. Masalah utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum banyaknya media pembelajaran berbasis konten digital otentik yang dikaji dari sudut pandang pragmatik. Penelitian ini menggunakan desain pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan teknik lanjutan Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Analisis data dilakukan dengan metode padan dan teknik pragmatis. Penyajian data dilakukan secara informal dalam bentuk klasifikasi strategi kesantunan dan pemanfaatannya dalam pembelajaran. Analisis kesantunan berbahasa dalam penelitian ini mengacu pada teori Brown dan Levinson. Data yang dianalisis berupa tuturan dari episode Plataran Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 198 data tuturan, ditemukan empat jenis strategi kesantunan, yakni bald on record 36 data, positive politeness 106 data, negative politeness 24 data, dan off record 32 data. Penggunaan bahasa dalam siniar ini mencerminkan prinsip-prinsip kesantunan pragmatik melalui pilihan kata yang sopan, intonasi menghargai, dan humor yang tidak menyinggung. Temuan ini menjadi dasar pengembangan modul ajar teks argumentasi yang kontekstual, relevan, dan aplikatif, guna membentuk kemampuan berargumen yang santun dan beretika
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brown dan Levinson, kesantunan berbahasa, modul ajar, siniar, teks argumentasi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:28 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |