Pemerolehan Bahasa Kedua pada Anak dalam Konteks Lingkungan Keluarga

Wafa Sayyidah Ummah, (2025) Pemerolehan Bahasa Kedua pada Anak dalam Konteks Lingkungan Keluarga. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia UIN SSC.

[img] Text
2108110099_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108110099_2_bab1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
2108110099_6_bab5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
2108110099_7_dafpus.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses anak memperoleh bahasa kedua didalam lingkungan keluarga mereka, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ketidaktepatan dalam pelafalan kosa kata dan bahasa kedua sering terjadi pada usia anak-anak. Akibatnya, ada peran Psikolingistik memperoleh bahasa dalam konteks anak yaitu pada perilaku kebahasaan yang dapat diamati langsung antara rangsangan dan respon. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini berupa rekaman anak melafalkan bahasa kedua dan kosa kata dalam kehidupan sehari-hari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik Simak Libat Cakap dan Teknik Wawancara. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan berupa kartu data. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu Teknik artikulatoris. Hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 251 Data. 104 data yang berupa pemerolehan dengan pendekatan naturalistik. 51 data berupa aspek fonologi. 74 data berupa morfologi. 22 data berupa sintaksis. Faktor yang memengaruhi pemerolehan Bahasa kedua pada anak dalam konteks lingkungan yaitu (1) faktor lingkungan, (2) faktor Bahasa ibu, (3) faktor usia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Kedua, Anak, dan Lingkungan Keluarga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:12
Last Modified: 07 Aug 2025 03:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16717

Actions (login required)

View Item View Item