IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN ARTHOPODA PADA EKOSISTEM LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR KINGDOM ANIMALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA N 1 SURANENGGALA

ROBIAH, (2025) IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN ARTHOPODA PADA EKOSISTEM LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR KINGDOM ANIMALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA N 1 SURANENGGALA. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
1808106101_1_cover.pdf

Download (765kB)
[img] Text
1808106101_2_bab1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
1808106101_6_bab5.pdf

Download (29kB)
[img] Text
1808106101_7_dafpus.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keanekaragaman Arthropoda yang terdapat pada ekosistem lingkungan sekolah dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar kontekstual pada materi Kingdom Animalia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hewan serta kurangnya pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yang konkret dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design), yaitu pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Suranenggala. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan identifikasi keanekaragaman Arthropoda di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di lingkungan sekolah ditemukan beragam jenis Arthropoda dari beberapa ordo seperti Lepidoptera, Odonata, Diptera, dan Orthoptera, yang mengindikasikan tingkat keanekaragaman sedang hingga tinggi. Kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga lebih tinggi pada kelas eksperimen. Dengan demikian, pemanfaatan keanekaragaman Arthropoda di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan keterampilan ilmiah serta kesadaran lingkungan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Arthropoda, Ekosistem Sekolah, Sumber Belajar, Kingdom Animalia, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:34
Last Modified: 07 Aug 2025 03:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16727

Actions (login required)

View Item View Item