Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Proses Pembelajaran IPS Siswa Di Kelas VII Smp N 11 Cirebon

Sri Nopiyanti, (2025) Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Proses Pembelajaran IPS Siswa Di Kelas VII Smp N 11 Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial UIN SSC.

[img] Text
2108104052_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108104052_2_bab1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
2108104052_6_bab5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
2108104052_7_dafpus.pdf

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya bias gender dalam pembelajaran IPS, seperti penggambaran peran gender yang stereotipikal dalam materi serta pembagian tugas belajar yang belum sepenuhnya setara antara siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi kesetaraan gender dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 11 Cirebon, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya, serta memahami perilaku siswa dalam merespons isu kesetaraan gender di lingkungan pendidikan. Kesetaraan gender sebagai bagian dari hak asasi manusia menegaskan bahwa setiap individu, tanpa memandang jenis kelamin, berhak mendapatkan perlakuan yang adil dan kesempatan yang setara dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pendidikan (Novitasari 2021). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VII, guru IPS, dan wali kelas, dan analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman (1984) yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender telah mulai ditunjukkan oleh guru dan siswa. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa praktik yang memperkuat stereotip gender, sehingga memerlukan upaya lebih lanjut untuk menciptakan suasana pembelajaran yang adil dan setara bagi seluruh siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Pembelajaran IPS, Siswa SMP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:51
Last Modified: 07 Aug 2025 04:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16758

Actions (login required)

View Item View Item