IMPLEMENTASI KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA MTs NEGERI 9 KUNINGAN

Eka Eliya, (2025) IMPLEMENTASI KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA MTs NEGERI 9 KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 - Tadris ilmu Pengetahuan Alam Biologi UIN SSC.

[img] Text
2108101121_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108101121_2_bab1.pdf

Download (804kB)
[img] Text
2108101121_6_bab5.pdf

Download (551kB)
[img] Text
2108101121_7_dafpus.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya kenakalan siswa berupa tidak masuk kelas, bolos, meroko, dan tawuran antar sekolah, penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 9 Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bentukbentuk kenakalan siswa MTs Negeri 9 Kuningan, 2) Mengetahui Faktor penyebab kenakalan siswa MTs Negeri 9 Kuningan, 3) Mengetahui implementasi kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menanggulangi kenakalan remaja yang terjadi di MTs Negeri 9 Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan fenomenologis, berfokus kepada kepala sekolah, guru PAI, guru BP, dan siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di MTs Negeri 9 Kuningan menunjukkan bahwa : 1) Bentuk – bentuk kenakalan siswa terbagi menjadi beberapa jenis yakni, pelanggaran ringan, yang terjadi berupa menyontek, sedang, yang terjadi seperti pakaian tidak sesuai dengan jadwal, dan pelanggaran berat yang pernah terjadi seperti tauran dan yang sering terjadi seperti bully, penanganan pelanggaran berbeda sesuai dengan tingkatannya, melibatkan guru, orang tua, dan pihak terkait. 2) Faktor penyebab kenakalan siswa, utamanya meliputi kurangnya perhatian keluarga, pengaruh teman sebaya, dan kondisi internal siswa. 3) Impementasi kompetensi sosial guru Guru PAI dalam menanggulangi kenakalan diimplementasikan melalui: a) teguran kepada siswa yang melakukan pelanggaran, b) Nasehat dan peringatan kepada siswa, c) Kegitan pembiasaan disetiap paginya, d) Komunikasi dengan sesama guru dan orang tuasiswa, dan d) bekerja sama dengan warga sekolah seperti pedagang dan penjaga sekolah. Sehingga guru PAI berkontribusi dalam membentuk karakter siswa yang disiplin dan berakhlak mulia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Guru PAI, Kenakalan Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:06
Last Modified: 07 Aug 2025 07:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16774

Actions (login required)

View Item View Item