PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGATION BASED SCIENCE COLLABORATIVE (IBSC) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMES “QREATIF EDUCATIVE” TERHADAP KETERAMPILAN BERKOLABORASI DI KELAS IV MIN 1 CIREBON.

Vita Pratiwi, (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGATION BASED SCIENCE COLLABORATIVE (IBSC) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMES “QREATIF EDUCATIVE” TERHADAP KETERAMPILAN BERKOLABORASI DI KELAS IV MIN 1 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107050_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108107050_2_bab1.pdf

Download (575kB)
[img] Text
2108107050_6_bab5.pdf

Download (466kB)
[img] Text
2108107050_7_dafpus.pdf

Download (497kB)

Abstract

Keterampilan berkolaborasi merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang sangat penting untuk dilatih dalam proses pembelajaran terutama sejak pada pendidikan dasar. Namun, dalam pelaksanaannya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk bekerja sama secara efektif dalam berkelompok. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Investigation Based Science Collaborative (IBSC) berbantuan media pembelajaran games Qreatif Educative terhadap keterampilan berkolaborasi siswa di kelas IV MIN 1 Cirebon. Model IBSC merupakan suatu model pembelajaran berbasis investigasi ilmiah yang dikembangkan untuk memfasilitasi siswa dalam berkolaborasi dan berkomunikasi melalui sintaks pembelajaran yang sistematis, meliputi orientasi, investigasi kolaboratif (sharing task dan jumping task), penyajian hasil, serta evaluasi. Media pembelajaran games Qreatif Educative merupakan suatu aplikasi game edukatif yang mendukung siswa dalam kegiatan investigasi dan kolaborasi melalui aktivitas bermain sambil belajar. Media ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, interaksi, serta pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket keterampilan kolaborasi dan model IBSC, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen berada pada kategori rendah , sementara kelas kontrol berada dalam kategori terjadi penurunan. Hasil uji Mann- Whitney menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang menginterpretasikan bahwa adanya pengaruh positif penerapan model IBSC berbantuan media games Qreatif Educative terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Investigation Based Science Collaborative (IBSC), Qreatif Educative, Keterampilan Berkolaborasi, Pembelajaran Abad 21.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:06
Last Modified: 14 Aug 2025 04:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17008

Actions (login required)

View Item View Item