Pengembangan Media Pembelajaran Komik Bermuatan Karakter Gemar Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Mutiara, (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Bermuatan Karakter Gemar Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107109_1_cover.pdf

Download (845kB)
[img] Text
2108107109_2_bab1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
2108107109_6_bab5.pdf

Download (130kB)
[img] Text
2108107109_7_dafpus.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar yang menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan. Membaca pemahaman merupakan keterampilan penting yang mendasari keberhasilan belajar siswa dalam berbagai mata pelajaran. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menggali makna teks secara mendalam, terutama karena kurnganya minat membaca siswa dan terbatasnya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik yang memuat karakter gemar membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Pengembangan media dilakukan melalui pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Komik yang dikembangkan disesuaikan dengan materi pelajaran bahasa Indonesia kelas IV, khususnya tema “Sehatlah Ragaku”. Pada tahap analisis, ditemukan bahwa siswa menunjukkan minat baca yang rendah dan kesulitan dalam memahami bacaan. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti merancang media komik yang menarik secara visual dan kontekstual. Komik diuji melalui uji coba terbatas dan uji coba luas untuk mengukur efektivitasnya. Hasil validasi para hali menunjukkan bahwa media layak digunakan dan respon siswa menunjukkan ketertarikan tinggi terhadap media ini. Hasil uji statistik menunjukkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa secara signifikansi setelah menggunakan media komik. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan adanya perbedaan bermakna antara hasil pre-test dan post-test. Selain itu, uji N-Gain menunjukkan peningkatan sebesaar 76,79% pada uji coba terbatas dan 80,62 % pada uji coba luas, yang termasuk dalam kategori efektif. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran komik bermuatan karakter gemar membaca terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi pembelajaran yang inovatif serta mendorong pengembangan media edukatif berbasis karakter di lingkungan pendidikan dasar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Komik, dan Membaca Pemahaman
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 06:18
Last Modified: 14 Aug 2025 06:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17041

Actions (login required)

View Item View Item