IMPLEMENTASI MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN DI SMK BINA MANDIRI BEKASI

Madrian Fathan Fadilah, (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN DI SMK BINA MANDIRI BEKASI. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2108109122_1_cover.pdf

Download (980kB)
[img] Text
2108109122_2_bab1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
2108109122_6_bab5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
2108109122_7_dafpus.pdf

Download (215kB)

Abstract

Manajemen laboratorium komputer yang efektif dan terintegrasi menjadi kunci dalam mendukung pembelajaran berbasis teknologi di era digital, khususnya di lingkungan pendidikan kejuruan seperti SMK Bina Mandiri Bekasi. Dengan sinergi antara pemanfaatan teknologi informasi dan nilai-nilai spiritual, laboratorium komputer tidak hanya menjadi sarana teknis, tetapi juga instrumen strategis untuk menciptakan lulusan yang kompeten, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan industri modern. Meskipun SMK Bina Mandiri Bekasi sudah menerapkan manajemen laboratorium komputer , masih perlu di eksplorasi bagaimana implementasi tersebut diterapkan di laboratorium, hal ini mencangkup pemahaman pihak pengelola dalam konsep perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang ada di laboratorium tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Manajemen Laboratorium Komputer di SMK Bina Mandiri Bekasi, dampak manajemen laboratorium komputer terhadap pembelajaran berbasis teknologi, serta mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi manajemen laboratorum komputer dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi di SMK Bina Mandiri Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pendekatan penelitian ini menggunakan fenomenologi. Pengumpulan data pada informan tersebut dilakukan dengan wawancara untuk mencari tahu mengenai informasi yang dibutuhkan, observasi kondisi lapangan dan dokumentasi dari pengumpulan data yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran berbasis teknologi di SMK Bina Mandiri Bekasi dipengaruhi oleh ketersediaan infrastruktur laboratorium yang memadai, motivasi siswa, komitmen guru, dan pengelolaan laboratorium yang sistematis. Manajemen laboratorium telah diterapkan secara menyeluruh melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang terstruktur dan berkelanjutan. Pengelolaan ini berjalan efektif karena melibatkan kolaborasi antara seluruh elemen sekolah, didukung fasilitas memadai dan pendekatan pembelajaran kontekstual. Selain itu, keberhasilan pengelolaan laboratorium ditunjukkan melalui peningkatan kualitas pembelajaran, terbentuknya kompetensi teknis siswa, serta penguatan karakter dan kesiapan mereka menghadapi tuntutan dunia kerja di era digital.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laboratorium Komputer, Peningkatan Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:22
Last Modified: 15 Aug 2025 07:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17065

Actions (login required)

View Item View Item