STRATEGI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN SMAN 8 KOTA CIREBON

NABILA SAFITRI, (2025) STRATEGI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN SMAN 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2108109115_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108109115_2_bab1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
2108109115_6_bab5.pdf

Download (251kB)
[img] Text
2108109115_7_dafpus.pdf

Download (214kB)

Abstract

Strategi manajemen perpustakaan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan di SMA Negeri 8 Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi: 1. Bentuk pelayanan yang diterapkan oleh pengelola perpustakaan di perpustakaan SMAN 8 Cirebon 2. Profesionalitas pustakawan di perpustakaan SMAN 8 Cirebon 3. Strategi pustakawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan di SMAN 8 Cirebon 4. Faktor pendukung dan penghambat pustakawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan di SMAN 8 Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Bentuk pelayanan yang diterapkan oleh pengelola perpustakaan di perpustakaan SMAN 8 Cirebon masih menggunakan sistem manual dengan cara pencatatan peminjaman dan pengembalian buku secara tertulis, dan pencarian koleksi menggunakan katalog kartu. 2. Profesionalitas pustakawan di perpustakaan SMAN 8 Cirebon meliputi pelatihan pengelolaan perpustakaan serta mempunyai rasa bertanggungjawab dan bersikap ramah melayani dengan sigap. 3. strategi yang diterapkan meliputi peningkatan koleksi buku, peningkatan kompetensi pustakawan, dan penyediaan sarana prasarana yang memadai. 4. Faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan di SMAN 8 Cirebon mencakup ketersedian koleksi buku, serta sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat nya meliputi koleksi buku yang kurang beragam, kurangnya pelatihan bagi pustakawan, serta minimnya pemanfaatan teknologi dalam sistem pelayanan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan infrastruktur digital dan pengembangan program inovatif guna menghadapi tantangan perkembangan teknologi informasi dalam dunia perpustakaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen perpustakaan, kualitas pelayanan, strategi, pustakawan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:37
Last Modified: 15 Aug 2025 07:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17072

Actions (login required)

View Item View Item