Aida Septiyani, (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI MUHAMMADIYAH CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108109025_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108109025_2_bab1.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
2108109025_6_bab5.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
2108109025_7_dafpus.pdf Download (331kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam konteks penerapan Kurikulum Merdeka Belajar yang menawarkan fleksibilitas dan adaptasi terhadap kebutuhan siswa. Dengan dinamika perkembangan industri farmasi yang cepat, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dapat meningkatkan kompetensi praktis siswa di SMK Farmasi Muhammadiyah Cirebon. Kurikulum ini dirancang untuk memberikan siswa kesempatan dalam mengembangkan potensi dan keterampilan mereka secara optimal. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kurikulum dilakukan secara efektif melalui perencanaan yang melibatkan semua pemangku kepentingan, pelaksanaan kegiatan yang beragam, dan evaluasi yang berkelanjutan. Evaluasi ini mencakup berbagai bentuk penilaian, seperti diagnostik, formatif, dan sumatif. Meskipun dihadapkan pada kendala seperti keterbatasan waktu, penelitian ini mencatat adanya peningkatan signifikan dalam kompetensi siswa, baik dalam aspek pengetahuan maupun keterampilan praktis. Temuan dari manajemen Kurikulum Merdeka Belajar memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kompetensi siswa di SMK Farmasi Muhammadiyah Cirebon dan dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan lain yang ingin menerapkan kurikulum serupa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen,Kurikulum Merdeka Belajar, Kompetensi Siswa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:38 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |