LAYUSA SITI MARIAM, (2025) Strategi Pondok Pesantren Pemberdayaan dalam Meningkatkan Kualitas Santri di Pondok Pesantren Pemberdayaan Daarul Faaiziin Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108109091_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108109091_2_bab1.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text
2108109091_6_bab5.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
2108109091_7_dafpus.pdf Download (556kB) |
Abstract
Kurangnya kesadaran dan partisipasi aktif santri dalam mengikuti program yang disediakan Pondok Pesantren Pemberdayaan Daarul Faaiziin menjadi masalah yang signifikan dalam proses implementasi strategi yang telah direncanakan. Salah satu faktor penyebab hal tersebut terjadi karena kurangnya sanksi tegas oleh pimpinan dalam mendisiplinkan santri sehingga santri menanggap sepele dan mengulangi kesalahan yang sama. Hal ini tentunya akan berdampak terhadap kualitas santri menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan serta faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dalam meningkatkan kualitas santri di Pondok Pesantren Pemberdayaan Daarul Faaiziin Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yang berfokus terhadap fenomena yang ditemukan di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan menggunakan tiga tahapan strategi yaitu formulasi perencanaan, implementasi dan evaluasi. Proses formulasi perencanaan dimulai dengan menganalisis lingkungan dan merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran yang mengintegrasikan kurikulum klasik pesantren dan kurikulum global sebagai nilai tambah menjadikan dasar penyusunan strategi yang relevan. Implementasi strategi didasarkan pada program yang diterapkan yaitu program keagamaan dan program pemberdayaan yang memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas santri. Selain itu, evaluasi strategi dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan dengan menerapkan evaluasi program dan evaluasi pembelajaran yang melibatkan pengajar berdampak terhadap peningkatan kualitas santri dengan tujuan pemberdayaan pesantren. Faktor yang mendukung terhadap keberhasilan program meliputi: kontribusi aktif pimpinan, sarana dan prasarana yang memadai, pembelajaran yang berkualitas, dukungan dari orang tua santri dan penerapan program pemberdayaan. Selain itu, untuk faktor penghambat yang menjadi kendala dan tantangan meliputi: pola perilaku santri yang sulit diatur, kurangnya jumlah pengajar dan kurangnya konsistensi dalam pelaksanaan program. Untuk mengetahui kondisi strategi Pondok Pesantren Pemberdayaan Daarul Faaiziin peneliti menggunakan analisis SWOT dan matriks SWOT yang dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan terletak pada kuadran I yang menunjukkan situasi menguntungkan dengan menerapkan strategi agresif (SO) pada position mapping (growth) yang artinya bahwa strategi Pondok Pesantren Pemberdayaan Daarul Faaiziin dalam meningkatkan kualitas santri berada dalam posisi berkembang dan diperlukan langkah strategi lebih lanjut untuk memaksimalkan kekuatan internal dan memanfaatkan peluang eksternal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Faktor Pendukung dan Penghambat, Kualitas Santri. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:22 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |