IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON

WULAN BAROKAH, (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2108109088_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108109088_2_bab1.pdf

Download (282kB)
[img] Text
2108109088_6_bab5.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2108109088_7_dafpus.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Muhammadiyah menghadapi beberapa tantangan dalam hal sumber daya, antusias siswa yang disebabkan oleh faktor pendukung dan faktor pengambat, selain itu juga kolaborasi dengan pihak eksternal yang masih diusahakan hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka Belajar melalui Proyek P5 di SMA Muhammadiyah Kedawung Cirebon. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru penanggung jawab P5, serta peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang matang, pelaksanaan yang didukung penuh oleh sekolah, dan evaluasi yang terus dilakukan memiliki dampak positif bagi siswa. Proyek ini, yang mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan melalui daur ulang seperti ecobrick, berhasil meningkatkan kreativitas, tanggung jawab, dan kesadaran lingkungan siswa. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan perbedaan minat siswa, proyek ini tetap memberikan pengalaman yang berarti. Evaluasi menunjukkan bahwa kolaborasi, motivasi, dan pembelajaran berbasis proyek memberikan manfaat edukatif dan ekonomis, dengan harapan proyek ini dapat dioptimalkan melalui solusi kreatif di masa depan. Implikasi teoritis penelitian ini menguatkan pemahaman tentang pembelajaran berbasis proyek dan pengalaman nyata, sementara implikasi praktis mencakup perencanaan yang matang, kolaborasi dengan pihak eksternal, dan dukungan yang fleksibel dari sekolah untuk mengatasi tantangan seperti keterbatasan sumber daya. Penelitian ini merekomendasikan SMA Muhammadiyah Kedawung Cirebon untuk memperkuat kerja sama dengan pihak eksternal, melibatkan siswa dalam setiap tahap proyek, termasuk evaluasi dan pengembangannya, serta sistem blok untuk meningkatkan fokus waktu agar hasilnya lebih optimal. Peserta didik disarankan aktif berkontribusi dalam proyek P5, memanfaatkan sumber daya yang ada, berkolaborasi dengan teman, serta memberikan masukan untuk pengembangan proyek

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Proyek, Gaya Hidup
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:27
Last Modified: 15 Aug 2025 08:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17103

Actions (login required)

View Item View Item