PENGARUH IMPLEMENTASI DIGITREN DAN TRANSAKSI E-CHANNEL TERHADAP KUALITAS LAYANAN KEUANGAN PESANTREN (STUDI KASUS DI YAYASAN MA’HAD ISLAMY KEMPEKY)

Mila Tiara Lestari, (2025) PENGARUH IMPLEMENTASI DIGITREN DAN TRANSAKSI E-CHANNEL TERHADAP KUALITAS LAYANAN KEUANGAN PESANTREN (STUDI KASUS DI YAYASAN MA’HAD ISLAMY KEMPEKY). Masters thesis, EKOS UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (872kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (831kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (656kB)

Abstract

Layanan dalam ensiklopedi islam adalah suatu keharusan yang pengoperasiannya sesuai dengan prinsip syariat Islam. Agar suatu pelayanan yang dilakukan pada perbankan syariah lebih terarah maka seluruh pihak harus memiliki pedoman dan prinsip-prinsip yang dituangkan dalam ajaran Islam. Dimana Islam menekankan keabsahan suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan konsumen yang merasakan kepuasan secara maksimum. Kualitas pelayanan keuangan pesantren adalah kemampuan dari suatu pondok pesantren dalam upaya memenuhi harapan dengan memberikan pelayanan kepada santri dan wali santri dalam hal pengelolaan keuangan yang transparan dan mudah diakses oleh semua santri dan wali santri tanpa membebani waktu dan jarak dalam bertransaksi dengan pondok pesantren. Kualitas layanan merupakan variabel yang sangat berpengaruh dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas, terutama dalam pengelolaan keuangan yang sifatnya sensitif karena terkait dengan keuangan santri yang jauh dari pengawasan wali santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Implementasi Digitren yang didalamnya ada Cash Management System (CMS) dan Layanan Keuangan Inklusif serta Transaksi E-Channel terhadap Kualitas Layanan Keuangan Pesantren di Yayasan Ma’had Islamy Kempeky. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 150 santri dengan pengambilan sampel sebanyak 60 santri. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling method dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial membuktikan tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Cash Management System (CMS) terhadap Layanan Keuangan Pesantren dengan sig hitung 0,510. Kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Layanan Keuangan Inklusif terhadap Layanan Keuangan Pesantren dengan sig hitung 0,007. Dan yang terakhir terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Transaksi E-Channel terhadap Layanan Keuangan Pesantren dengan sig hitung 0,003. Kata Kunci : Cash Management System (CMS), Layanan Keuangan Inklusif, Transaksi E-Channel, Kualitas Layanan Keuangan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Cash Management System (CMS), Layanan Keuangan Inklusif, Transaksi E�Channel, Kualitas Layanan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:49
Last Modified: 17 Sep 2025 00:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17372

Actions (login required)

View Item View Item