PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MI AL-ISLAMIYAH BAKTI BUANA SANGKANURIP KUNINGAN

NIA KURNIA DEWI, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MI AL-ISLAMIYAH BAKTI BUANA SANGKANURIP KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NIA KURNIA DEWI_OK-min.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

NIA KURNIA DEWI : Keberhasilan suatu pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh factor kecerdasan siswa semata, namun juga dapat dipengaruhi oleh Penyelenggaraan Pembelajaran oleh guru untuk menghindari hal itu guru hendaknya cukup cermat dalam memilah milah, baik menggunakan atau bahkan memvariasikan metode pelajaran terutama yang banyak melibatkan siswa secara aktif. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode STAD (Student Team Achivement Division) dapat menunjang hari belajar siswa. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cara mencari tahu tentang alam secara sistematik. Pembelajaran IPA salah satunya adalah menanamkan pengetahuan dan konsep-konsep pengetahuan alam yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, menanamkan rasa ingin tahu dan sikap positip terhadap pengtrhuan alam dan teknologi.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data bagaimana penerapan pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam dengan pendekatan pembelajaran STAD serta peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STAD. Penelitian ini untuk memperoleh data tentang penerapan model STAD (Student Team Achivement Division) dalam pembelajaran IPA di kelas IV di MI AL-ISLAMIYAH BHAKTI BUANA SANGKANURIP. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dari tes kelas eksperimen dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Sample penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al-ISLAMIYAH dengan jumlah murid 25 siswa untuk teknik alaisis, analis data angket digunakan rumus perhitungan prosentase, sedangkan analisis data hasil tes dilakukan dengan rumus daya serap dan presentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model STAD (Student Team Achivement Division) dikategorikan baik, karena dapat dilihat dari data observasi selama proses pembelajaran dari siklus I dengan ratarata 64,40%. Presentase belajar 50%, Kinerja guru 68%. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 72,40% persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 80%, kinerja guru 79%. Hal ini berarti adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) pada pembelajaran IPA.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:21
Last Modified: 10 Apr 2017 03:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item View Item