STRATEGI PENGUSAHA TAHU DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA CILEDUG LOR KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON

Nur Lindasari, (2021) STRATEGI PENGUSAHA TAHU DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA CILEDUG LOR KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI (Nur Lindasari).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI (Nur Lindasari).pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI (Nur Lindasari).pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK STRATEGI PENGUSAHA TAHU DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA CILEDUG LOR KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON Nur Lindasari NIM.1708305051 Pemberdayaan masyarakat melalui usaha home industry pembuatan tahu ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru berupa keterampilan, kemampuan maupun keahlian dalam pembuatan tahu. Hal ini membuka akses sumber daya manusia dengan mengembangkan potensi yang ada yang tujuannya adalah untuk mengembangkan perekonomian lokal serta pemanfaatannya secara berkelanjutan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya strategi pengusaha tahu dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam memberdayakan masyarakat melalui usaha home industry pembuatan tahu. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh usaha home industry pembuatan tahu milik Bapak H. Rais dikatakan berhasil mampu memberdayakan masyarakat sekitar dengan menerapkan dua strategi pemberdayaan yang dikemukakan oleh Edi Suharto dalam bukunya, yaitu strategi aras mikro dan strategi aras mezzo. Serta dengan kemampuan yang dimiliki oleh pemilik usaha home industry pembuatan tahu, ketersediaan tenaga kerja dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), kestabilan permintaan produksi tahu, serta menyisihkan hasil yang didapat untuk diinvestasikan untuk keberlanjutan usahanya. Bapak H.Rais juga telah berhasil memberdayakan masyarakat sekitar dengan memberikan pelatihan, pembinaan dan pendampingan serta mengubah pola pikir mereka kearah lebih baik, sehingga beberapa mantan karyawannya mampu mendirikan usaha dengan bermodalkan ilmu dan keterampilan yang didapat selama bekerja di usaha home industry pembuatan tahu milik Bapak H. Rais. Kata Kunci: Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Home Industry Pembuatan Tahu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:54
Last Modified: 07 Sep 2021 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item