SUADNAN, (2021) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DI PERUSAHAAN MEDIA CETAK HARIAN UMUM “FAJARCIREBON” (JL. Pangeran Cakra Buana No.3 Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
caver-daftar isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1ok.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V ok.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka ok.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DI PERUSAHAAN MEDIA CETAK HARIAN UMUM “FAJARCIREBON” (JL. Pangeran Cakra Buana No.3 Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon) SUADNAN : 1414321027 Komunikasi dalam organisasi sangatlah penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-harinya. Hal tersebut berlaku bagi Perusahaan “FAJAR CIREBON”. Maka demikian peneliti tertarik untuk meneliti pola komunikasi organisasi di Perusahaan ”FAJAR CIREBON”. Pola komunikasi organisasi yang mereka terapkan, di perusahaan berjalan dengan baik ditentukan oleh pola komunikasi yang diterapkan, karena hal itu menyangkut banyak aspek seperti perjalanan arus informasinya, jenis komunikasi yang digunakan maupun pengambilan sikap terhadap situasi dan kondisi yang diambil setiap individu yang berorganisasi terutama manajemen konflik yang baik. Pertanyaan Penelitian (1) Bagaiman pola komunikasi organisasi antara pimpinan redaksi dan karyawan Di Perusahaan Media Cetak Harian Umum “FAJAR CIREBON” (2) Bagaimana hambatan-hambatan yang terdapat dalam pola komunikasi organisasi antara pimpinan redaksi dan wartawan Di Perusahaan Media Cetak Harian Umum “FAJAR CIREBON”. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui pola komunikasi organisasi antara pimpinan redaksi dan wartawan di Perusahaan Media Cetak Harian Umum “FAJAR CIREBON” (2) untuk mengetahui dan menjelaskan hambatan yang terdapat dalam pola komunikasi organisasi di Perusahaan Media Cetak Harian Umum “FAJAR CIREBON”. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis skripsi yang telah diuraikan di atas, maka dapat peneliti simpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan dalam komunikasi organisasi sudah mampu menjalankan dan menerapkan pola komunikasi organisasi di dalam kegiatan perusahaan tersebut dengan baik, karena telah menerapkan pola komunikasi organisasi yaitu : komunikasi vertikal kebawah (downward communication), komunikasi vertikal keatas (upward communication), dan komunikasi nonformal (2) Hambatan yang ada pada Perusahaan Media Cetak Harian Umum “FAJAR CIREBON” ada 3 hambatan yaitu; hambatan Psikologi, hambatan dalam memberikan balikan dan hambatan fisik. Hambatan psikologi terjadi karena kesalah pahaman diantara pimpinan dengan karyawan dalam menjalankan tugas nya masing-masing. Hambatan dalam memberikan balikan yaitu para pegawai tidak secepatnya, tidak langsung memberikan jawaban balikan terhadap pimpinan atau yang terkait. Hambatan fisik yaitu cuaca yang terus turun hujan. Sehingga para pegawai mendapatkan hambatan seperti ketika menelpon tiba-tiba sinyal terputus sehingga komunikasi tidak bisa maksimal dan ada kegiatan rapat tidak bisa menghadirinya karena adanya cuaca yang tidak mendukung. Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Media Cetak, Fajar Cirebon
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 08:18 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 01:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5258 |
Actions (login required)
View Item |