Praktek Giveaway Menurut Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Penerapan Giveaway Pada Toko Diamond fashion)

Hilma Febriyanti, (2022) Praktek Giveaway Menurut Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Penerapan Giveaway Pada Toko Diamond fashion). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Hilma Febriyanti. NIM: 1808202112, “PRAKTEK GIVEAWAY MENURUT HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Penerapan Giveaway Pada Toko Diamondfashion)”, 2022. Giveaway adalah kegiatan membagikan hadiah kepada pemenang yang beruntung dengan menetapkan beberapa syarat tertentu yang ditentukan oleh pihak penyelenggara giveaway. Pada praktek giveaway yang akan dilaksanakan oleh online shop ada dua pihak yang akan terlibat, yaitu dua pihak yang terlibat meliputi penyelenggara giveaway dan peserta giveaway. Penyelenggara giveaway sebagai pihak yang membuat syarat, seperti harus follow, spam like dan komen, men-tag temannya dan menggunakan hastag. Peserta giveaway sebagai pihak pelaksana yang mengikuti giveaway harus melakukan suatu tugas atau pekerjaan yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara giveaway. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “untuk mengetahui bagaimana konsep giveaway pada online shop, bagaimana praktek giveaway yang diterapkan pada toko online shop @diamondfashion.ofc dan bagaimana praktek giveaway yang diterapkan @diamondfashion.ofc ditinjau menurut hukum ekonomi syariah”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pertama, konsep giveaway meliputi penentuan syarat dan ketentuan, pembuatan desain gambar, posting instagram, penentuan pemenang dan pendistribusian hadiah giveaway. Kedua, Praktek giveaway yang diterapkan pada toko online shop @diamondfashion.ofc yaitu peserta yang ingin mengikuti giveaway harus melaksanakan syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh admin. Ketiga, metode promosi giveaway yang diadakan oleh online shop @diamondfashion.ofc sudah sesuai dengan salah satu akad yang terdapat dalam hukum ekonomi syariah yaitu akad ju‟alah, karena rukun dan syarat akad ju‟alah telah terpenuhi. Kata Kunci: Online Shop, Giveaway dan Hukum Ekonomi Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jul 2022 09:10
Last Modified: 15 Jul 2022 09:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7032

Actions (login required)

View Item View Item