Penerapan Media Youtube Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMAIT Al- Multazam Kelas X

Suwarinah, (2021) Penerapan Media Youtube Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMAIT Al- Multazam Kelas X. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan media belajar youtube melalui pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan dengan sampel penelitian kelas X MIPA SMAIT Al-Multazam Kuningan tahun ajaran 2020/2021 yang terbagi menjadi dua sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan lembar kerja siswa. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas dan uji N�Gain. Hasil analisis penerapan media youtube melalui pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan kegiatan mempresentasikan menjadi kegiatan yang paling rendah baik dikelas kontrol maupun dikelas eksperimen dengan persentase kelas kontrol 67.13 (kategori kurang) dan kelas eksperimen 72.28 (kategori kurang). Analisis penggunaan media belajar terhadap hasil belajar nilai rata-rata post�test kelas eksperimen sebesar 76.72 sedangkan kelas kontrol sebesar 63.57 dengan selisih 13.15. Data uji-t pre-test hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai t sebesar 0.626 < ttabel 2.004 dan nilai sig. (2-tailed) 0.534 > dari 0.05. Data uji-t post-test hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai t sebesar 3.915 > ttabel 2.004 dan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < dari 0.05. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media belajar terhadap hasil belajar siswa baik kelas kontrol dan kelas eksperimen, meskipun dalam pembelajaran dikelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran powerpoint mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar namun peningkatan tersebut tidak signifikan apabila dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar dikelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran youtube.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:45
Last Modified: 26 Jul 2022 04:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item View Item