Eef Muflihah, (2021) Analisis Soal Penilaian Tengah Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Sma Negeri 1 Jamblang Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (504kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Distribusi dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif taksonomi bloom revisi, (2) Kualitas soal ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasanya, (3) Kualitas soal ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecohnya. Penelian ini bersifat Ex Post Facto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, dan wawancara. Sumber data berupa lembar soal, respon jawaban siswa, dan kisi-kisi soal. Analisis butir soal dilakukan secara kualitatif dan secara kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Distribusi dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif taksonomi Bloom revisi yang terukur adalah pengetahuan faktual 45%, prosedural 40%, konseptual 15%, metakognitif 0%, C1 0%, C2 10%, C3 35%, C4 35%, C5 20% dan C6 0%, (2) Ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasanya yaitu 0% soal tidak memenuhi aspek materi, 15% soal tidak memenuhi aspek konstruksi, dan 0% soal tidak memenuhi aspek bahasa, (3) ditinjau dari aspek validitas logis 20 butir soal valid. Dari aspek Reliabilitas diperoleh koefision reliabilitas 0,772 dengen kriteria tinggi. Dari aspek daya pembeda butir soal 1 soal (5%) termasuk dalam kriteria sangat baik, 10 soal (50%) termasuk dalam kriteria baik, 8 soal (40%) termasuk dalam kriteria cukup, 1 soal (5%) termasuk kriteria jelek. Dari aspek tingkat kesukaran soal 5 soal (25%) termasuk pada kriteria sukar, 9 soal (45%) termasuk dalam kriteria sedang, 6 soal (30%) termasuk dalam kriteria mudah. Dari aspek efektivitas pengecoh diketahui bahwa option pengecoh dari soal tersebut dikatakan 100% berfungsi efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 04:48 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 04:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7309 |
Actions (login required)
View Item |