Uyumatul Ummah, (2021) Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Islam Dengan Asesmen Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Bachelor thesis, S1 Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (969kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (362kB) | Preview |
Abstract
Sistem pendidikan Indonesia dituntut mampu mengembangkan keterampilan abad ke-21 salah satunya berupa keterampilan berpikir kreatif (KBK). Faktanya keterampilan berpikir kreatif siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model problem based learning (PBL) terintegrasi nixlai Islam dengan asesmen mind mapping, kemudian untuk menganalisis KBK siswa melalui penerapan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping dan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping. Metode penelitian menggunakan true eksperimental design dengan desain postest only control design. Lokasi penelitian di SMAN 1 Dukupuntang dengan jumlah responden yang diamati sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling dengan populasi seluruh siswa IPA kelas X. Adapun kelas yang dipilih yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, mind map dan angket. Sedangkan teknik pengolahan data berupa uji nomalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa yang diterapkan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping meningkat dengan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa 88 terklasifikasi sangat baik. Penerapan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping secara signifikan mampu meningkatkan KBK siswa dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000. Respon siswa terhadap model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping positif dengan terkategori berminat (67,8). Adapun temuan dalam penelitian ini yakni siswa membutuhkan stimulasi lebih agar mampu mengintegrasikan nilai keislaman dengan ilmu pengetahuan saat pembelajaran online. Dapat disimpulkan bahwa model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:54 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 03:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7328 |
Actions (login required)
View Item |