Cahepi, (2022) Pengembangan Bahan Ajar E-modul Ekosistem Berbasis Problem Based Learning (PBL). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (939kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran di masa pendemi memberikan tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik untuk meningkatkan kreativitas dan inovasinya dalam menentukan dan menyusun bahan ajar yang menarik. Salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan adalah E-modul yang memuat sintak pembelajaran agar siswa dapat belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menganalisis kelayakan bahan ajar E-modul berbasis Problem based learning (PBL) pada materi ekosistem. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis (Analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik yang terdapat di SMA/MA di Kota dan Kabupaten Cirebon. Objek penelitian ini adalah pengembangan E-modul berbasis Problem based learning (PBL) pada materi ekosistem. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang terdiri dari lembar validasi ahli, lembar judgemen pendidik, dan lembar respon peserta didik. Data validasi ahli dianalisis menggunakan teknik analisis Gregory, data judgement dianalisis menggunakan teknik analisis Aiken, dan data respon peserta didik dianalisis menggunakan teknik CVR (Conten Validity Ratio). Bedasarkan hasil penelitian E-modul ekosistem berbasis Problem based learning (PBL) yang telah dikembangkan diperoleh nilai kevalidan dan kepraktisan yang sangat tinggi. E-modul ekosistem berbasis Problem based learning (PBL) dinyatakan sangat valid ahli materi dan media dengan rata-rata penilaian 1,00 menggunakan analisis data gregory. Judgement pendidik menyatakan sangat layak dengan perolehan rata-rata nilai 0,93 pada aspek konten dan 0,86 pada aspek media dengan menggunakan analisis aiken. Selain itu, E�modul ekosistem berbasis Problem based learning (PBL) dinyatakan sangat praktis menurut respon peserta didik dengan perolehan 0,86 menggunakan teknik analisis CVR CVR (Conten Validity Ratio)
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 04:15 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 04:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7542 |
Actions (login required)
View Item |