Pengembangan Media Interactive Story Book U ntuk Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA As-Sholah, Sumber Kabupaten Cirebon

Nurul fadilah Wijaya, (2021) Pengembangan Media Interactive Story Book U ntuk Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA As-Sholah, Sumber Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Pendidikan Guru Raudathul Atfal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_A_COVER_NURUL FADILAH WIJAYA_PIAUD.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_BAB I_NURUL FADILAH WIJAYA_PIAUD.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_BAB V_NURUL FADILAH WIJAYA_PIAUD.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari dengan keterbatasan penggunaan media pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar sangat monoton dan tidak menarik. Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan produk, yaitu “ Media Interactive Story Book Untuk Menstimulasi Perkembangan Koggnitif Anak” dengan membuat media pembelajaran berupa buku cerita interaktif untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak. Media ini berisi tentang cerita sehari�hari dan terdapat kegiatan yang menstimulasi perkembangan kognitif anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menghasilkan suatu pengembangan produk baru, berupa Media Interactive Story Book Untuk Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak yang di uji cobakan pada kelompok A di RA As-Sholah Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon dengan jumlah anak sebanyak 12 anak. Teknik penggumpulan data pada media Interactive story Book berupa observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskiptif persentase. Hasil penelitian menujukan hasil penilaian validasi media Interactive Story Book memperoleh kriteria layak. Hal ini didukung oleh hasil penilaian ahli media memperoleh kriteria ”layak”, dengan persentase hasil akhir sebesar 84,72%, sebelumnya 79,17% dan sebelumnya 68%, penilaian oleh ahli materi memperoleh kriteria “layak”, persentase yang diperoleh 94,23% dengan sebelumnya 88,46% , dan penilaian ahli bahasa yang memperoleh kriteria “layak”, persentase sebesar 100% dengan sebelumnya 93,75%. Penilaian media oleh pengguna memperoleh kriteria “layak” dimana persentase sebesar 94,44%. Media Interactive Story Book juga mamapu menstimulasi perkembangan kognitif anak dimana pada tingkat pencapaian pasca pengembangan memperoleh 90,62% yang sebelumnya pada pra pengembangan memperoleh hasil 75,74%. Hasil penilaian oleh para ahli, pengguna dan tingkat pencapaian perkembangan anak dapat disimpulkan bahwa media Interactive Story Book dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:04
Last Modified: 04 Aug 2022 03:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7589

Actions (login required)

View Item View Item