Pengembangan Media Buku Bergambar Berbasis Tema Untuk Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di RA Baruan Majalengka

Salsa Bila Malahayati, (2021) Pengembangan Media Buku Bergambar Berbasis Tema Untuk Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di RA Baruan Majalengka. Bachelor thesis, S1 Tadris Pendidikan Guru Raudathul Atfal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan guru terhadap media yang dapat membantu dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak di RA Bani Barun Majalengka. Kurangnya media pembelajaran dapat berdampak pada pengembangan kemampuan anak usia dini khususnya pengembangan kecerdasan linguistik anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku bergambar berbasis tema sebagai suatu media pembelajaran untuk melatih kecerdasan linguistik anak usia dini, serta mengetahui kelayakan media buku bergambar berbasis tema untuk melatih kecerdasan linguistik anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) mengadopsi dari Borg and Gall, subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 RA Bani Barun Majalengka dengan instrumen pengumpulan data berupa angket yang telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan tanggapan guru di RA Bani Barun Majalengka untuk mengetahui kelayakan media buku bergambar berbasis tema. Jenis data yang dihasilkan yakni deskriptif kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kelayakan media buku bergambar berbasis tema yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media buku bergambar berbasis tema untuk mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia dini. Berdasarkan penilaian yang diperoleh melalui validasi dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 86% dengan memperoleh kriteria “layak”. Kemudian hasil validasi ahli materi mendapatkan hasil persentase sebesar 100% dan termasuk ke dalam kategori “layak”. Hasil angket penilaian pengguna oleh kepala sekolah mendapat persentase sebesar 91% dengan kategori “layak” selanjutnya hasil penilaian pengguna oleh guru kelas B3 RA Bani Barun dengan persentase 96,9% yang termasuk kedalam kategori “layak”. Setelah dilaksanakan uji coba terbatas penggunaan media Buku Bergambar Berbasis Tema di kelompok B3 RA Bani Barun, Majalengka kecerdasan linguistik anak mengalami peningkatan menjadi 80,3% dari keseluruhan indikator perkembangan anak yang mencapai kategori “berkembang sangat baik”. Oleh karena itu dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa media Buku Bergambar Berbasis Tema layak digunakan untuk mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia dini

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:12
Last Modified: 04 Aug 2022 03:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7597

Actions (login required)

View Item View Item