Siti Arusah AZ, (2022) IMPLEMENTASI KONSELING PENDIDIKAN DENGAN TEORI PSIKOANALISIS SIGMUND FRUED DALAM KAJIAN BUKU “TEORI DAN PRAKTIK KONSELING DAN TERAPI”. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.
|
Text
awalan dll.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran Sigmund Frued dalam konseling pendidikan dan implementasi teori psikoanalisis pada peserta didik. Pemikiran Sigmund Frued sendiri membawa kesejahteraan antar peserta didik terutama untuk ranah sekolah, yang dapat dikatakan bahwa Sekolah adalah tempat dimana permulaan pelurusan karakteristik dan norma seseorang terbentuk agar tidak terbawa oleh pergaulan lingkungan yang tidak sesuai harapan bangsa, sehingga pemikiran Sigmund Frued ini menjadi metode proses terapi yang sangat efesien untuk disebarluaskan oleh para pengajar di kalangan pendidikan terutama di Sekolah. Tujuan dari peneltian ini yaitu : (1) untuk menarasikan implementasi konseling pendidikan yang merujuk pada buku Teori dan Praktik Konseling dan Terapi, (2) untuk mempelajari hambatan-hambatan dan proses penanganan dalam bimbingan dan konseling yang terdapat dalam teori psikoanalisis yang dikemukakan oleh Sigmund Frued pada buku Teori dan Praktik Konseing dan Terapi. Metode penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan yang digunakan yaitu studi dokumentasi, dan teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan studi pustaka/studi leteratur. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa proses metode yang dilakukan oleh Sigmund Frued sendiri dengan metode implementasi konseling dari teori psikoanalisis dalan ranah pendidikan yakni di mana perilaku dan karakteristik setiap peserta didik di Sekolah sudah mulai terkontaminasi dengan pergaulan bebas lingkungan setempat, dengan metode implentasi konseling pendidikan dalam teori psikoanalisi ini, secara konseptual Sigmund Frued lebih sering menyinggung tentang id, ego dan super ego, ini mengindikasikan bahwa pandangan Sigmund Frued tentang metode implementasi konseling pendidikan lebih diarahkan pada keadaan struktur id, ego dan super ego dalam diri setiap peserta didik secara mendalam, hingga akhirnya menghasilkan perubahan perilaku peserta didik yang mulanya buruk menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling, pendidikan, psikoanalisis |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:48 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8383 |
Actions (login required)
View Item |