Akhsin, (2022) PENGGUNAAN APLIKASI PLANTNET ( PLANT IDENTIFICATION ) DALAM UPAYA MENINGKATAN LITERASI TUMBUHAN PADA SISWA DI MA NUSANTARA ARJAWINANGUN. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
a. Cover Akhsin Alhamdulilah.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) | Preview |
Abstract
Dampak Covid-19 mempengaruhi hampir seluruh aspek pendidikan hal ini membuat pembelajaran tidak dapat berlangsung secara efektif sebagaimana semestinya terutama sarana laboratorium. Tidak adanya praktikum ,tidak adanya variasi dan belum dilibatkannya lingkungan dalam pembelajaran mengakibatkan siswa cepat merasa jenuh, cenderung tidak aktif dan literasi tumbuhan siswa pun terbilang rendah. Untuk itu pembelajaran dengan menggunaan aplikasi plantnet ini diharapkan dapat memicu keaktifan pada aktivitas belaja siswa dan mengasah peningkatan kemampuan literasi tumbuhan. Kelebihan Aplikasi PlantNet antara lain ukuran ringan dan banyaknya fitur yang tersedia. Kekurangan aplikasi plantnet ini antara lain dibutuhkannya lensa makro jika ingin mengidentifikasi tumbuhan berukuran kecil seperti tumbuhan lumut dan paku dan klasifikasi tumbuhan harus masuk fitur wikipedia bukan dari asal aplikasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas siswa saat berlangsungnya penerapan aplikasi plantnet, untuk mengkaji pengaruh penggunaan aplikasi plantnet terhadap peningkatan kemampuan literasi tumbuhan siswa kelas dan untuk mendeskripsikan persepsi siswa dalam pembelajaran literasi tumbuhan menggunakan aplikasi plantnet di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-eksperimen tipe one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan 1) diperoleh rata rata nilai aktivitas siswa yaitu 94,24 menunjukan seluruh siswa menunjukkan keaktifan . 2) terdapat adanya peningkatan kemampuan literasi tumbuhan dengan hasil pretest 30,75 dan nilai posttest 73,64 menunjukan selisih sebesar 42,88, pada nilai N-Gain % didapat sebesar 61,10% termasuk kategori cukup efektif. 3) diperoleh rata-rata angket persepsi siswa yaitu 93% menunjukkan hampir seluruh siswa menjawab persetujuan . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi plantnet dapat membuat aktivitas siswa lebih aktif, dapat meningkatkan kemampuan literasi tumbuhan dan siswa memberikan persepsi yang positif terhadap pembelajaran literasi tumbuhan dengan menggunakan aplikasi plantnet.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi plantnet, Literasi tumbuhan, Aktivitas siswa, Persepsi siswa |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:30 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:30 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8513 |
Actions (login required)
View Item |