Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di SMP Negeri 7 Kota Cirebon.

Inayah, (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, karena guru hanya menuntut agar siswanya menerima semua materi yang disampaikan dan berhasil dalam ujian tanpa memperhatikan sisi lain kebutuhan siswa. Maka dari itu untuk mengaktualisasi diri mengembangkan semua potensi yang dimiliki.Dalam hal ini guru harus menguasai metode pembelajaran yang menarik, salah satunya yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran critical incident agar siswa lebih aktif pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran critical incident pada mata pelajaran IPS kelas IX, mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran critical incident, dan mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan strategi pembelajaran critical incident terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Strategi critical incident merupakan strategi untuk mengaktifkan siswa sejak dimulainya pembelajaran yang mana siswa harus mengingat dan mendeskripsikan pengalaman masa lalunya yang sesuai dengan topik materi yang disampaikan. Dengan strategi ini peserta didik terlibat langsung secara aktif dan dapat membantu siswa dalam berkonsentrasi, serta tertarik untuk berdiskusi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental jenis one group pretest�posttest.Sedangkan teknik pengumpulan data dengan angket, tes dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 366 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu kelas IX C sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket dan membagikan soal tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis regresi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran critical incident terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rekapitulasi angket penggunaan media strategi pembelajaran critical incident sebesar 58,24%. dengan kategori Cukup. Sedangkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 78,9 berada pada rentang 75 – 90 dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil dari uji korelasi antara variabel X dan Y adalah sebesar 0,576, dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P.sig<0,005. Berdasarkan hasil uji hipotesis regresi diperoleh

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Critical Incident, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:49
Last Modified: 20 Dec 2022 01:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8738

Actions (login required)

View Item View Item