“Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Siswa di MTs Al Anwar Sampiran Talun Kabupaten Cirebon

Sari Widiyawati, (2022) “Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Siswa di MTs Al Anwar Sampiran Talun Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas lembaga pendidikan, sehingga setiap sekolah semestinya memiliki perpustakaan yang memadai. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah ialah dengan melaksanakan pengelolaan perpustakaan yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Anwar Sampiran Talun Kabupaten Cirebon. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan datanya yaitu melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan Perpustakaan sekolah MTs Al Anwar Sampiran Talun sudah cukup baik dalam hal pemerataan pembagian buku paket pelajaran kepada siswa, penyelenggaraan layanan perpustakaan sehari-hari dan kegiatan untuk peningkatan literasi siswa. 2) Kepala MTs Al Anwar sangat mengupayakan untuk pengadaan serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa dengan cara pengadaan bahan pustaka dan penyempurnaan ruangan. 3) Hasil yang diperoleh dari pengelolaan perpustakaan sekolah MTs Al Anwar dalam meningkatkan literasi siswa ialah terbentuknya kesadaran diri siswa untuk mengunjungi perpustakaan, siswa menjadi berkompeten terhadap bidang yang ia minati sehingga menjadi meningkat pula kemampuannya dalam berliterasi, dan ketersediaan bahan pustaka yang memadai dapat membuat siswa menjadi semakin lancar dalam membaca.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Perpustakaan, Literasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:12
Last Modified: 21 Dec 2022 07:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8828

Actions (login required)

View Item View Item