Perbandingan Antara Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dan Kolaboratif Tipe Round Robin Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Dinda Miftahussa'adah, (2021) Perbandingan Antara Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dan Kolaboratif Tipe Round Robin Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika terdapat beberapa permasalahan yang ditemui, misalnya siswa yang malas belajar, rumus-rumus yang abstrak, penjelasan yang monoton sehingga pembelajaran matematika dianggap membosankan dan sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang dapat mencapai tujuan dalam pembelajaran salah satunya adalah kemampuan komunikasi matematis agar siswa dapat mengkomunikasikan matematika baik secara tulisan maupun lisan. Untuk itu, salah satu cara agar dapat menggembangkan kemampuan komunikasi matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repitition dan Kolaboratif Tipe Round Robin dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberi model pembelajaran Auditory Intellectually Repitition, 2). Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberi model pembelajaran kolaboratif tipe round robin, 3). Mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran auditory intellectually repitition dan kolaboratif tipe round robin, 4).Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran auditory intellectually repitition dan kolaboratif tipe round robin. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Salman Assalam dengan metode yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental dalam bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan kelas VIII C terdiri dari 20 siswa dan VIII D terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes berupa pretest-postest dalam bentuk uraian, angket respon siswa dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan n-gain adalah sebesar 0,41. 2). Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan n gain adalah sebesar 0,62. 3). Terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran auditory intellectually repitition dan kolaboratif tipe round robin dengan nilai signifikansi sebesar 0,04, 4). Respon siswa pada penerapan model pembelajaran AIR sebesar 72,33% (cukup baik) dan kolaboratif tipe round robin sebesar 78,04 (baik).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Auditory Intellectually Repitition, Kolaboratif Tipe Round Robin, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:04
Last Modified: 22 Dec 2022 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8864

Actions (login required)

View Item View Item