MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ADAPTASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI BERDASARKAN PROSES BERPIKIR MASON

Nadilla Amaliah Azzahrah, (2021) MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ADAPTASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI BERDASARKAN PROSES BERPIKIR MASON. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Kesalahan dalam pemahaman konsep matematika dikenal dengan miskonsepsi. Miskonsepsi merupakan suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsep atau pengertian yang diterima oleh para ahli. Miskonsepsi matematika peserta didik dapat menjadi salah satu penyebab kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal adaptasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi. Miskonsepsi dapat ditimbulkan oleh kerangka berpikir peserta didik. Oleh karena itu, miskonsepsi peserta didik dapat ditinjau berdasarkan proses berpikir menurut Mason. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kecenderungan miskonsepsi, kategori miskonsepsi, dan letak miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal adaptasi AKM Numerasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian soal adaptasi AKM Numerasi disertai kriteria CRI terhadap 60 peserta didik kelas VIII MTs Negeri 3 Cirebon dan wawancara terhadap 5 peserta didik dari 29 peserta didik yang mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal adaptasi AKM Numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal adaptasi AKM Numerasi pada konten Bilangan adalah 3,33%, pada konten Geometri dan Pengukuran adalah 8,33%, pada konten Aljabar adalah 25,00%, dan pada konten Data dan Ketidakpastian adalah 16,67%, sehingga kecenderungan miskonsepsinya terletak pada konten Aljabar; kategori miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal adaptasi AKM Numerasi pada setiap konten soal adalah berkategori rendah; berdasarkan peninjauan proses berpikir Mason, miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal adaptasi AKM Numerasi terjadi pada tahap entry dan attack dan paling banyak terjadi pada tahap attack ; pada tahap review tidak ditemukan adanya miskonsepsi karena pada tahap ini hanya dilakukan peninjauan atau pengecekan kembali dan tidak mengandung banyak konsep seperti pada tahap entry dan attack.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Soal Adaptasi AKM Numerasi, Proses Berpikir Mason
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:09
Last Modified: 23 Dec 2022 03:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8952

Actions (login required)

View Item View Item