Satria, (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AT-TAMIMIYYAH MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (512kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang masalah yaitu masih terdapat beberapa santri di Pondok Pesantren At-tamimiyyah yang mengikuti pembelajaran kitab kuning menggunakan metode sorogan namun masih belum lancar atau belum menguasai dalam membaca kitab kuning, ada yang sudah lancar membacanya namun kurang dalam memahami isi kitabnya, ada yang sudah lancar membaca dan memahami isi kitabnya namun belum mengetahui nahwu dan shorofnya, ada juga yang sudah lancra membaca, memahami isi kitabnya namun masih kurang dalam menjelaskannya, padahal metode sorogan ini adalah metode yang dinilai efektif diterapkan dalam pembelajaran kitab kuning karena ustadz dapat berhadapan secara langsung face to face dengan santri melalui sorogan, perkembangan kualitas belajar santri dapat diketahui oleh ustadz secara utuh, dan dapat memberikan bimbingan secara penuh sehingga dapat memberikan tekanan pengajaran kepada santri tertentu atas dasar observasi langsung terhadap tingkat kemampuan dan kualitas belajar santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren At-tamimiyyah. Metode sorogan merupakan salah satu metode pembelajaran yang ada di pesantren. Kata sorogan berasal dari kata (sorog) bahasa Jawa yang memiliki arti menyodorkan, jadi setiap santri mendatangi kyai atau ustadznya untuk mendengarkan kayinya membacakan tulisan dalam kitab yang akan disetorkan, kemudian santri yang ditunjuk oleh kyainya atau ustadznya maju kedepan dengan membawa kitabnya kemudian disodorkan kitab tersebut dihadapan kyainya dan mengulang apa yang telah dibaca oleh kyainya, kemudian kyainya menyimak dan membenarkan apabila ada yang salah atau keliru dari bacaan santrinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langka seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren At-tamimiyyah melalui tiga tahapan pokok yaitu, periapan, pelaksanaan, dan evaluasi, setelah diterapkannya metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning terjadi peningkatan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning. Oleh karena itu metode sorogan dinilai efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran kitab kuning serta memgang peranan penting dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren At-tamimiyyah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Sorogan, Kitab Kuning, Pondok Pesantren |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 01:41 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 01:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9015 |
Actions (login required)
View Item |