Ajeng Ayu Aliyafi, (2022) PENERAPAN METODE TASMI’ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI TAKHASSUS TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AN-NIDHOM KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
2 BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim. Pondok pesantren yang terdapat program khusus menghafal al�Qur’an atau Tahfidz Al-Qur’an disetiap lembaga pendidikannya mempunyai karakteristik masing-masing dalam proses pembelajarannya dan terkhusus pada metode-metode yang digunakan dalam pendidikan penghafalan yang menghasilkan para penghafal Al-Qur’an yang berkualitas. Guru memberikan metode khusus agar santri tidak merasakan bosan ketika menghafalakan Al�Qur’an. Metode yang diterapkan adalah metode Tasmi’ untuk melatih santri dalam mengulang hafalan. Metode Tasmi’ merupakan suatu cara untuk memperlancar hafalan dan mempertajam hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode Tasmi’ santri takhassus Tahfidz di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon. (2) mengetahui kualitas hafalan Al-Qur’an santri Takhassus Tahfidz di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon. (3) mengetahui faktor Penunjang dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an santri Takhassus Tahfidz Al-Qur’an Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon. Pada dasarnya menghafal dan menjaga hafalan tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi jika didasari dengan kemauan dan tekad serta niat yang ikhlas dalam hati dengan meyakini Allah akan mempermudah jalan untuk menghafalnya, maka metode tasmi’ yang diterapkan menjadi jalan dan cara agar hafalan Al-Qur’an dapat tetap terjaga dan memiliki hafalan yang kuat serta berkualitas pada diri santri penghafal Al-Qur’an. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tasmi’ di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon melalui tiga tahapan pokok yaitu, periapan, pelaksanaan, dan evaluasi, setelah diterapkannya metode Tasmi’ dalam pembelajaran tahfizh kualitas hafalan santri sudah bagus dengan mengacu pada tiga indikatornya yakni kelancaran bacaan, kefasihan serta penguasaan tajwidnya. Oleh karena itu metode Tasmi’ ini dinilai efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran tahfizh serta sangat berdampak baik dan memegang peranan penting dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri Takhassus Al-Qur’an di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tasmi’, Kualitas hafalan, Santri |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:10 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 07:10 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9055 |
Actions (login required)
View Item |