Nur Wakhdatun Maolla, (2022) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK MULIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
Salah satu penyebab permasalahan pendidikan adalah rendahnya implementasi kompetensi kepribadian guru terkhusus guru PAI yang berdampak pada minimnya akhlak mulia siswa. Melalui upaya pembinaan akhlak diharapkan dapat membentuk akhlak mulia pada siswa, sehingga dalam perilaku kesehariannya siswa dapat memiliki kesadaran akan pentingnya menerapkan akhlak mulia. Permasalahan yang cukup menarik untuk diteliti, SMA Negeri 1 Sumber merupakan sekolah dengan perolehan prestasi yang sangat banyak dalam ranah kognitif dan psikomomotoriknya, ternyata masih mempunyai kekurangan dalam ranah afektifnya, terkhusus dalam penerapan akhlak mulia siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini berfokus pada masalah�masalah berikut: (1) Bagaimana Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon; (2) Bagaimana Implementasi Akhlak Mulia Siswa Kelas XI IPS dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon; (3) Seberapa Besar Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Mulia Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon. Untuk memecahkan permasalahan di atas, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sumber selama 3 bulan dan bertujuan untuk memperoleh data mengenai Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dan Implementasi Akhlak Mulia Siswa serta mengetahui Seberapa Besar pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Mulia Siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, wawancara, dan observasi. Data diperoleh dari guru, siswa, dan komite sekolah. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan perhitungan korelasi product moment, uji signifikansi, dan perhitungan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kategori “Baik” dengan skor sebesar 85,9%. Implementasi Akhlak Mulia Siswa dalam kategori “Cukup” dengan skor sebesar 69%. Terdapat pengaruh signifikan antara Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dan Akhlak Mulia Siswa. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Mulia siswa adalah sebesar 14,8225% sedangkan sisanya yaitu 85,1775% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian, Akhlak Mulia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 02:27 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9062 |
Actions (login required)
View Item |