PENGARUH KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BERULANG LAYANAN E-BANKING PADA BANK SYARIAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PRESPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Wartini, (2022) PENGARUH KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BERULANG LAYANAN E-BANKING PADA BANK SYARIAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PRESPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1808202063_1_cover.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202063_2_bab1.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202063_6_bab5.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202063_7_dafpus.pdf

Download (782kB) | Preview

Abstract

Bank syariah adalah lembaga keuangan yang operasionalnya dan berbagai produknya dikembangkan berlandaskan syariah Islam, khususnya berkaitan dengan pelarangan riba (bunga), maisir (spekulasi), dan gharar (ketidakjelasan). Faktor-faktor yang menjadi daya pikat masyarakat dalam minat memilih layanan e-banking syariah diantaranya dapat terwakili dengan pandangan atau pemikiran masyarakat terhadap e-banking syariah meliputi kemudahan dan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaanpertanyaan yang menjadi rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh kemudahan terhadap minat menggunakan berulang layanan e-banking, apakah ada pengaruh kemudahan terhadap minat menggunakan berulang layanan e-banking dengan kepuasan sebagai variabel intervenin dan apakah ada pengaruh kepuasan terhadap minat menggunakan berulang layanan e-banking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non Probability Sampling, dengan menggunakan teknik puroposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 responden, yaitu pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis path, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dari uji analisis path menunjukan bahwa Pertama, kemudahan menunjukkan nilai unstandardized coefficients beta sebesar 0,093 dan juga signifikan pada > 0,05. Maka H1 ditolak karena kepuasan sebagai intervening dengan nilai direct effect lebih kecil dari indirect effect (0,093 < 0,727) maka bermakna hubungan yang sebenarnya adalah tidak langsung atau variabel mediating. Kedua, kemudahan menunjukkan nilai unstandardized coefficients beta sebesar 0,908 dan juga signifikan pada < 0,05 maka bermakna kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah. Ketiga kemudahan memiliki pengaruh positif secara langsung terhadap kepuasan. Hal ini disebabkan nilai sig. lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan, yaitu diperoleh hasil pengujian individual nilai unstandardized coefficients beta sebesar 0,801 dan juga signifikan pada < 0,05 Keempat, Layanan E-Banking dalam Prespektif Hukum Islam telah sesuai dengan aturan hukum Islam dengan melihat berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Minat, Nasabah, e-banking Bank Syariah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:23
Last Modified: 09 Feb 2023 01:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9680

Actions (login required)

View Item View Item