PENGARUH LITERASI PEGADAIAN SYARIAH DAN ADVERTISING TERHADAP MINAT MAHASISWA MELAKUKAN PEMBIAYAAN DI PEGADAIAN SYARIAH (Survey pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Helmi Eka Sari, (2022) PENGARUH LITERASI PEGADAIAN SYARIAH DAN ADVERTISING TERHADAP MINAT MAHASISWA MELAKUKAN PEMBIAYAAN DI PEGADAIAN SYARIAH (Survey pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa sebagai orang yang mengenyam pendidikan tinggi tidak menjamin bahwa mereka memiliki literasi keuangan yang baik. Bukti empiris rendahnya literasi keuangan juga terjadi pada kalangan mahasiswa seperti yang diungkapkan Chen dan Volpe bahwa rendahnya literasi keuangan mahasiswa terjadi karena kurangnya edukasi personal finance di universitas. Lebih lanjut, Nidar dan Bestari dalam penelitiannya juga menemukan bahwa level literasi keuangan yang dimiliki oleh mahasiswa masih dikategorikan rendah. Chen dan Volpe menyarankan agar dilakukan investigasi lebih lanjut tentang literasi keuangan pada mahasiswa jurusan bisnis/manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Pegadaian Syariah dan Advertising terhadap minat mahasiswa melakukan pembiayaan di pegadaian syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui penyebaran kuesioner, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data tersebut diuji analisis menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, serta uji hipotesis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 25. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, menunjukan bahwa literasi pegadaian syariah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melakukan pembiayaan di pegadaian syariah. Dan pada variabel advertising juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melakukan pembiayaan di pegadaian syariah. Secara simultan pengaruh variabel literasi pegadaian syariah dan advertising memberikan kontribusi sebesar 35% terhadap minat melakukan pembiayaan di pegadaian syariah, dan sisanya 65% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Advertising, Pegadaian Syariah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:13
Last Modified: 17 Feb 2023 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9792

Actions (login required)

View Item View Item