STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER POSITIF SISWA DI MTS ARIFIN BILLAH KARANGSARI WERU CIREBON

Fadhilah, (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER POSITIF SISWA DI MTS ARIFIN BILLAH KARANGSARI WERU CIREBON. Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Di era modern ini banyak sekali remaja yang memiliki karakter kurang baik, salah satunya remaja di lingkungan sekolah yaitu peserta didik. Di Mts Arifin Billah Karangsari Kecamatan Weru kabupaten Cirebon 5% peserta didik yang memiliki karakter kurang baik seperti terlambat datang ke sekolah, makan dan minum di kelas, menyontek pada saat ulangan, berkata yang tidak baik, Sekolah merupakan salah satu tempat pembentukan karakter yang sangat berpengaruh bagi peserta didik, maka perlu adanya strategi pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan karakter tersebut dengan menggunakan metode atau strategi pembelajaran kontekstual. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL, menjelaskan signifikansi penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), menjelaskan tantangan dan hambatan serta peluang strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pelajaran Aqidah Akhlak untuk meningkatkan karakter positif siswa di Mts Arifin Billah Karangsari Weru Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas IX yang sedang mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak. Peneliti menggunakan wawancara sebagai instrumen untuk mendapatkan data. Peneliti menganalisa hasil data tersebut dengan mengelompokkan display data, menganalisa kemudian menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan strategi contextual teaching and learning (CTL) pada pelajaran Aqidah Akhlak di Mts Arifin Billah Karangsari Weru Cirebon dilaksanakan sesuai dengan Tujuh komponen, yaitu: kontruktivistik, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya. Namun banyak juga hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh guru Aqidah Akhlak dalam melaksakan strategi tersebut, salah satunya kurangnya waktu pembelajaran dengan strategi pembelajaran kontekstual tersebut namun hal itu bisa diatasi dengan penambahan waktu belajar di luar jam pelajaran, sehingga menghasilkan nilai yang maksimal untuk meningkatkan karakter positif siswa tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Karakter Positif
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:14
Last Modified: 21 Feb 2023 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9851

Actions (login required)

View Item View Item