Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Berkebutuhan Khusus Disleksia (Studi Kasus Pada Siswa SDN 2 Weru Kidul)

Moh. Yunus, (2023) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Berkebutuhan Khusus Disleksia (Studi Kasus Pada Siswa SDN 2 Weru Kidul). Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306044_1_cover.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306044_2_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306044_6_bab5.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306044_7_dafpus.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Anak disleksia memiliki kesulitan secara akademik maupun secara mental seperti rasa percaya diri yang rendah. Peran orang tua memainkan peran penting dalam mendukung dengan menunjukkan lebih banyak cinta, dukungan, dan ketekunan. Anak disleksia dapat terbantu dan termotivasi jika mendapat dukungan positif dari kedua orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kembali rasa percaya diri anak disleksia yang mana dalam kegiatan belajar dan bersosial dengan lingkungan mengalami penurunan kepercayaan diri, hal ini melalui peran orang tua sebagai seorang pembimbing, fasilitator dan motivator anak. Agar terjalin keseimbangan mental anak disleksia terkhusus pada kepercayaan diri anak disleksia meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif menggunakan jenis studi kasus yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data�data yang dilakukan secara rinci, mendalam intensif tentang suatu peristiwa, baik pada tingkat individu atau sekelompok orang, lembaga atau organisasi. Penelitian ini tidak mengandalkan perhitungan atau dikenal dengan penelitian ilmiah karena sangat menekankan pada sifat sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua yang ada di SD N 2 Weru Kidul melalui peran sebagai pembimbing, fasilitator dan motivator. Dengan peran ini orang tua mampu membimbing anak disleksia secara baik dan menjadi tempat anak dalam bercerita serta menjadi motivator anak disleksia untuk meningkatkan rasa percaya diri anak disleksia. Terkait hambatan yang dilalui orang tua, memiliki hambatan internal dan eksternal dimana menjadi faktor anak disleksia menurun kepercayaan dirinya. Upaya guru dalam mengembangkan kepercayaan diri anak disleksia dengan memberikan pengajaran tambahan kepada anak disleksia untuk memberikan pengajaran membaca dan penguatan terhadap anak yang dirasa sangat efektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Percaya Diri, Berkebutuhan Khusus, Disleksia
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:44
Last Modified: 10 Mar 2023 03:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10026

Actions (login required)

View Item View Item