Pelaksanaan Konseling Multikultural dalam Peningkatan Kecakapan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik di SMK Pariwisata Kota Cirebon

Syara' Ayuning Fadillah Puteri, (2023) Pelaksanaan Konseling Multikultural dalam Peningkatan Kecakapan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik di SMK Pariwisata Kota Cirebon. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306084_1_cover.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306084_2_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306084_6_bab5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306084_7_dafpus.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi sebagai pengukur sejauh mana individu dapat bersosialisasi dengan lingkungannya, peserta didik memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi maka akan menimbulkan gangguan baik emosi, psikis, sosial, dan lain-lain. Dengan bimbingan konseling multikultural memberikan arahan kepada peserta didik bawasannya perbedaan budaya tidak menjadi penghalang dalam mengekspresikan jati diri dan membantu peserta didik berinteraksi dengan seluruh warga sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pemahaman mengenai konseling muktikultural dalam peningkatan kecakapan komunikasi interpersonal peserta didik di SMK Pariwisata Kota Cirebon, memberikan gambaran kecakapan komunikasi interpersonal peserta didik di SMK Pariwisata Kota Cirebon, mengetahui metode yang digunakan ketika konseling multikultural dalam membentuk komunikasi interpersonal peserta didik di SMK Pariwisata Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptiff dengan sumber informan berupa data primer ialah informasi dari hasil wawancara dengan narasumber juga menggunakan data sekunder yang diperlukan sebagai pelengkap dan pendukung data primer yaitu berdasarkan pada buku teks, jurnal dan literatur lainnya. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mandalam, studi dokumentasi juga teknik analisis data yang diperoleh dengan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini guru BK sudah memaksimalkan dalam memberikan konseling multikultural yang masuk pada jam pelajaran sehingga pelaksanaan konseling muktikuktural berjalan dengan baik di SMK Pariwisata Kota Cirebon. Kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik di SMK Pariwisata Kota Cirebon sudah baik karena tidak pernah terjadi kasus kesalah pahaman, kerusuhan, bahkan pertentangan multikultural. Metode konseling multikuktural di SMK Pariwisata Kota Cirebon, terbagi menjadi 2, yakni metode konseling kelompok dan konseling individu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Konseling Multikultural, Komunikasi Interpersonal, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:16
Last Modified: 14 Mar 2023 02:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10035

Actions (login required)

View Item View Item