Sri Maulidah Nanda Lestari, (2023) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Dengan Layanan Bimbingan Belajar di SDN Pulasaren 4 Kota Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.
|
Text
1808306100_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808306100_2_bab1.pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
1808306100_6_bab5.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
1808306100_7_dafpus.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peranan guru dalam melakukan layanan belajar terhadap siswa-siswa yang mengalami permasalahan dalam pembelajaran agar siswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Dalam layanan bimbingan belajar, guru berperan sebagai motivator, fasilitator, dan inovator. Guru BK dan wali kelas berperan untuk membimbing, mengarahkan, meningkatkan motivasi, mendidik dan membantu mengatasi kesulitan yang terjadi dalam proses belajar. Sebagai wali kelas, diharuskan dapat memahami karakteristik siswa sehingga dapat memberikan pelayanan dan arahan yang sesuai dengan kondisi siswa nya. Layanan bimbingan, guru berperan serta sebagai pembimbing akademik akan membuat program layanan bimbingan belajar kepada siswa yang mengalami permasalahan tersebut. Layanan pembelajaran merupakan suatu layanan bimbingan dan konseling agar siswa dapat mengembangkan diri terhadap potensi , sikap, serta kemampuan belajar dalam materi pelajaran yang cocok terhadap dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam melakukan bimbingan belajar, untuk mengetahui adanya hambatan-hambatan dalam bimbingan belajar, serta untuk mengetahui motivasi belajar siswa di SDN Pulasaren 4 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling, tujuannya agar informasi yang diperoleh dapat representatif. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap enam informan diantaranya guru wali kelas kelas 6, guru PAI (wali kelas kelas 1 yang juga merupakan guru BK), serta empat siswa kelas 6. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peranan dalam layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terdapat beberapa peran yaitu peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai fasilitator, dan peran guru sebagai inovator. Peran guru sebagai motivator sangat berperan penting untuk meningkatkan kembali mtoivasi siswa yang hampir menurun serta membantu siswa untuk menentukan minat nya dan juga membantu siswa dalam kesulitan-kesulitan yang siswa hadapi dalam kegiatan belajar. Dalam pembelajaran terdapat beberapa hambatan yang terjadi diantaranya seperti hambatan karena faktor internal seperti keterbatasan wawasan guru serta minat siswa dan faktor eksternal seperti dukungan orang tua serta fasilitas. Siswa memiliki motivasi belajar yang cukup baik dikarenakan faktor internal seperti cita-cita dan minat siswa, dan faktor eksternal seperti penghargaan ataupun tujuan yang ingin siswa miliki. Terdapat siswa yang telah meraih prestasinya di jalur non-akademik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Siswa, Bimbingan Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 08 May 2023 00:19 |
Last Modified: | 08 May 2023 00:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10163 |
Actions (login required)
View Item |