Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Compassion Pada Santri Pondok Al-Fatih Desa Galagamba Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon

Bintang Moh. Aliridho, (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Compassion Pada Santri Pondok Al-Fatih Desa Galagamba Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1708306028_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306028_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306028_6_bab5.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306028_7_dafpus.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Sejak baru dilahirkan ke dunia, layaknya kehidupan keluarga yang normal, anak akan hidup dalam lingkungan keluarga dan mendapatkan asuhan dari kedua orang tuanya (Purwa, 2013: 80). Keluarga mempunyai arti yang sangat penting bagi setiap individu. Namun, kenyataan yang tidak dapat kita hindari dewasa ini adalah kondisi setiap individu itu berbeda�beda. Memiliki rasa kasih sayang atau peduli pada diri sendiri atau Self-Compassion sangat dibutuhkan oleh setiap individu, tidak terlepas dari batasan usia selama dirinya sudah mulai memahami akan eksistensinya di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Self-Compassion akan mendorong seseorang untuk benar-benar memperhatikan penderitaannya dan mengembangkan sikap berbaik hati pada diri sendiri dalam menghadapi penderitaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pelaksanaan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan Self-Compassion pada santri di Pondok AlFatih.. Dengan tujuan tersebut maka rumusan masalah yang diperoleh peneliti adalah bagaimana gambaran Self-Compassion pada santri di Pondok Pesantren Alfatih, bagaimana layanan Konseling Kelompok dalam meningkatkan Self-Compassion pada santri Pondok Pesantren Al-Fatih, bagaimana efektivitas pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan Self-Compassion pada santri di Pondok Pesantren Alfatih. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dan desain penelitian One Group Pretest and Post-test Design. Sampel penelitian ini adalah santri di Pondok Pesantren Alfatih yang memiliki tingkat self compassion rendah yang berjumlah 6 santri, yang kemudian diberikan angket self compasion yang telah diuji validitas, keseluruhan siswa tersebut berada pada kategori self compassion yang rendah dan akan di beri treatment konseling kelompok. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan self compassion siswa setelah melaksanakan konseling kelompok untuk meningkatkan pengasihan diri dengan diperoleh hasil dengan dibandingkan antara ttabel dengan nilai thitung, dan nilai thitung lebih besar dari ttabel, 36.683 >2.570. Jadi dapat disimpulkan bahwa Konseling kelompok berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkat pengasihan diri (Self-Compassion ) santri di Pondok Pesantren Alfatih, Desa Galagamba, Kec. Ciwaringin, Kab. Cirebon. Dari hasil uji t, menunjukkan adanya perubahan skor setelah diberikan layanan Konseling kelompok. Santri yang pada awalnya memiliki skor rendah dengan rata-rata sebesar 45, setelah diberikan layanan konseling mengalami skor tinggi dengan rata-rata sebesar 82,5.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Pengasihan Diri, Santri
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 00:27
Last Modified: 08 May 2023 00:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item View Item