Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self-Management Dalam Mengatasi Perilaku Agresi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Ciawigebang

Lia Lisnawati, (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self-Management Dalam Mengatasi Perilaku Agresi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Ciawigebang. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306191_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306191_2_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306191_6_bab5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306191_7_dafpus.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan perilaku agresi siswa di sekolah sehingga perlu penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Perilaku agresi adalah tindakan seseorang yang secara sengaja menyakiti atau melukai orang lain baik secara verbal maupun nonverbal yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam suatu lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil umum perilaku agresi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ciawigebang, rancangan program konseling kelompok teknik self-management dalam mengatasi perilaku agresi, dan efektivitas konseling kelompok teknik self-management dalam mengatasi perilaku agresi kelas VIII di SMP Negeri 1 Ciawigebang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pre-eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ciawigebang. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, terpilih 12 siswa yang memiliki skor tertinggi. Untuk pengambilan data peneliti menggunakan teknik wawancara sebagai studi pendahulan, observasi yang berupa pengamatan pada perilaku siswa, dan angket perilaku agresi yang berisi 30 item pernyataan. Berdasarkan hasil pengolahan data, penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya siswa kelas VIII berada pada kategori perilaku agresi rendah dengan tingkat ketercapaian 52,48%. Sehingga terpilih 12 siswa yang memiliki kor tertinggi yang diberikan treatment konseling kelompok teknik self-management selama tiga pertemuan. Hasil gain skor menunjukkan bahwa adanya perbedaan rata-rata perilaku siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment. Adapun hasil uji hipotesis penelitian di peroleh nilai signifikan sebesar 0.00 yang berarti 0,00 lebih kecil dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ha diterima artinya konseling kelompok teknik self-management efektif dalam mengatasi perilaku agresi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ciawigebang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Self-Management, Perilaku Agresi
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 00:55
Last Modified: 08 May 2023 00:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10173

Actions (login required)

View Item View Item