Peran Guru Dalam Perkembangan Sosio Emosional Anak Usia Dini Di TK ABC Montessori Di Jalan Perjuangan Majasem Kota Cirebon

Fuhaid Baqir Arrohman, (2023) Peran Guru Dalam Perkembangan Sosio Emosional Anak Usia Dini Di TK ABC Montessori Di Jalan Perjuangan Majasem Kota Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1708306094_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306094_2_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306094_6_bab5.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306094_7_dafpus.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Gambaran perkembangan pada anak usia dini dibutuhkan peran sosial yang cukup maksimal karena keterampilan-keterampilan dalam fungsi mental seseorang akan dapat berkembang dengan baik melalui interaksi sosial langsung. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran, peran sosial atau lingkungan sekitar sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran anak. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen), dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara tringulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada anak mengenai gambaran sosio emosional anak yang baru masuk sekolah masih cenderung memiliki sifat egosentris. Hasil penelitian mengenai peran guru dalam membantu perkembangan sosio-emosional anak, guru berusaha memberikan kebutuhan emosional anak dengan baik, mendorong perkembangan anak dari mulai sosial, emosional, kognitif. Hasil penelitian pada anak mengenai faktor pendukung perkembangan sosio emosional anak yaitu berasal dari faktor lingkungan, faktor penghambat perkembangan sosio emosional anak yaitu dari faktor kekurangan ketenaga kerjaan dan keluarga, cara menyikapi kedua faktor tersebut yaitu komunikasi dengan orang tua anak. Gambaran sosio emosional anak usia dini pada saat pertama masuk yaitu belum bisa beradaptasi dengan lingkungannya serta bersosialisasi dengan teman-temannya. Peran guru dalam perkembangan sosio emosional anak usia dini sangatlah penting untuk menstimulus anak. Faktor pendukung eksternal yaitu terciptanya kerjasama yang kompak antara guru dengan orang tua wali. Faktor penghambat yaitu kekurangan tenaga kerja yang menyebabkan kurangnya intensitas kepada anak-anak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Guru, Prekembangan Sosio Emosional, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 01:07
Last Modified: 08 May 2023 01:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10176

Actions (login required)

View Item View Item