Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Ahmad Khoetami, (2023) Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1808306049_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306049_2_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306049_6_bab5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306049_7_dafpus.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Perilaku prososial sangat penting ditingkatkan kepada mahasiswa, hal ini beralandaskan bahwa mahasiswa sejatinya adalah harapan yang akan memberikan perubahan masyarakat bisa secara maksimal membawa perubahan kearah positif. Kampus sebagai salah satu tempat mahasiswa dalam menempuh pendidikan dan mengembangkan potensi dirinya juga tidak lepas dari kehidupan kesehariannya. Tindakan prososial mahasiwa sangat beragam, terlebih adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi dan mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi, keduanya memiliki tingkat perilaku prososial yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap perilaku prososial mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pengurus Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam yang berjumlah 54 orang dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Kemudian data diuji menggunakan beberapa uji untuk mendapatkan hasil yang peneliti inginkan. Hasil hipotesis nihil (H0) yakni keaktifan berorganisasi tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku prososial pengurus Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yakni keaktifan berorganisasi memiliki pengaruh terhadap perilaku prososial pengurus Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam diterima. Hasil analisis tersebut diperoleh menggunakan uji korelasi pearson correlation dengan hasil menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara keaktifan berorganisasi terhadap perilaku prososial pengurus Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0,000 yang kurang dari 0,05. Penelitian ini juga menunjukan pengaruh yang kuat antara variabel keaktifan berorganisasi dengan perilaku prososial. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya nilai koefisien korelasi sebesar 0,656 yang termasuk dalam kategori kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Berorganisasi, Perilaku Prososial, Mahasiswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 01:14
Last Modified: 08 May 2023 01:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10178

Actions (login required)

View Item View Item