Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2021

Tiara Sayyida Kautsar, (2023) Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2021. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306022_1_cover.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306022_2_bab1.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306022_6_bab5.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306022_7_dafpus.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Komunikasi memegang peranan sangat penting dalam berinteraksi sosial. Dalam suatu interaksi sendiri, manusia menjalankan pola keterampilan komunikasinya masing-masing, baik kepada satu lawan bicara ataupun lebih. kemampuan keterampilan komunikasi akan muncul melalui respon-respon tertentu dari individu, seperti gerak-gerik tubuh, dan intonasi suara ketika berbicara Dalam melakukan komunikasi, komunikan haruslah nyata dan aktif, karena komunikasi interpersonal dapat dikatakan berhasil apabila penerima pesan merespon atau memberikan tanggapan sesuai dengan apa yang diharapkan dari dari pemberi pesan. Hal ini berkaitan dengan individu yang membutuhkan rasa percaya diri untuk keberhasilan dalam hidupnya. Individu yang memiliki rasa percaya diri biasanya mudah mendapatkan teman dan mampu melakukan komunikasi dengan siapapun tanpa adanya perasaan tegang ataupun perasaan tidak enak lainnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah hubungan antara keterampilan komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment yang dilihat berdasarkan t hitung dan t tabel. Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS (Statistic Product For Service Solutions) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan komunikasi interpersonal pada mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam tahun 2021 terbilang baik. Kemudian, tingkat kepercayaan diri pada mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2021 ini terbilang baik. Sedangkan untuk hubungan antara keterampilan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri terbilang tidak adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2021. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis, yaitu t hitung = 2.548 dan C = 1.714 oleh karenanya t hitung > t tabel dengan nilai signifikansi 0.19 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho diterima Ha ditolak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 01:23
Last Modified: 08 May 2023 01:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10181

Actions (login required)

View Item View Item