Peran Pekerja Sosial Dalam Meningkatkan Self-Esteem Terhadap Wanita Rentan Sosial Ekonomi Di Panti Sosial Karya Wanita Palimanan Cirebon

Laila Sa'adatul Barkah, (2023) Peran Pekerja Sosial Dalam Meningkatkan Self-Esteem Terhadap Wanita Rentan Sosial Ekonomi Di Panti Sosial Karya Wanita Palimanan Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306187_1_cover.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306187_2_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306187_6_bab5.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306187_7_dafpus.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Self-esteem pada seseorang merupakan sebuah faktor yang penting dalam mempengarui pola pikir, sikap dan perilaku sehari-hari. Terlebih pada wanita rentan sosial ekonomi yang dilatar belakangi permasalahan yaitu wanita merasa dikucilkan oleh masyarakat karena memiliki ekonomi rendah, pendidikan rendah, tidak memiliki keterampilan, tidak percaya diri, kesalahan diri sendiri selalu dipikir berlebihan, dan sulit menerima diri apa adanya, maka wanita rentan sosial ekonomi yang memiliki self-esteem rendah akan menimbulkan kecemasan, depresi, dan membuat wanita rentan sosial ekonomi selalu fokus pada kekurangan daripada kelebihannya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan kegiatan pekerja sosial di Panti Sosial Karya Wanita Palimanan Cirebon, mendeskripsikan gambaran self-esteem terhadap wanita rentan sosial ekonomi di Panti Sosial Karya Wanita Palimanan Cirebon dan menguraikan peran pekerja sosial dalam meningkatkan self-esteem terhadap wanita rentan sosial ekonomi di Panti Sosial Karya Wanita Palimanan Cirebon. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisa datanya menggunakan metode deskriptif dengan informan sebanyak enam orang, yang terdiri dari tiga orang pekerja sosial, dan tiga orang wanita rentan sosial ekonomi. Lokasi penelitian ini diadakan di Panti Sosial Karya Wanita Palimanan Cirebon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: layanan kegiatan pekerja sosial di Panti Sosial Karya Wanita Palimanan Cirebon sesuai dengan tahapan. Metode pekerja sosial untuk meningkatkan self-esteem terhadap wanita rentan sosial ekonomi yaitu konseling individu atau social case work, dan bimbingan kelompok atau social group work. Gambaran self-esteem terhadap wanita rentan sosial ekonomi di Panti Sosial Karya Wanita Palimanan Cirebon tidak semua memiliki self-esteem rendah, namun ada beberapa wanita yang memiliki self-esteem rendah. Peran pekerja sosial dalam meningkat self-esteem terhadap wanita rentan sosial ekonomi di Panti Sosial Karya Wanita Palimanan Cirebon yaitu, pekerja sosial berperan sebagai pendidik dengan pengetahuan nya yang luas pekerja sosial memberikan pelatihan kepada wanita rentan sosial ekonomi melalui bimbingan fisik, bimbingan mental spiritual, bimbingan sosial, bimbingan keterampilan, dan bimbingan psikososial, selanjutnya pekerja sosial berperan sebagai pendampingan/fasilitator, dan sebagai motivator.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pekerja Sosial, Self-Esteem, Wanita Rentan Sosial Ekonomi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 00:52
Last Modified: 09 May 2023 00:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item View Item